• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Tapal Kuda

Tumbuhkan Spirit Nahdlatut Tujjar, Ansor di Lumajang Gelar Economic School

Tumbuhkan Spirit Nahdlatut Tujjar, Ansor di Lumajang Gelar Economic School
Kegiatan Economic School oleh PAC GP Ansor Klakah, Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Kegiatan Economic School oleh PAC GP Ansor Klakah, Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Klakah, Lumajang menggelar Economic School atau sekolah ekonomi. Kegiatan yang dilaksanakan untuk membangkitkan semangat Nahdlatut Tujjar pada kader ini dipusatkan di Aula MI Ma'arif NU Darul Ulum Desa Ranupakis, Kecamatan Klakah, Lumajang, Ahad (07/08/2022).


Ketua PAC GP Ansor Klakah, Zainuddin menuturkan rata-rata peserta adalah kader Ansor yang sudah mempunyai usaha. Hal itu dilakukan agar nanti para kader ini tidak hanya bertumpu pada ekonomi berbasis komoditi, tapi bisa merambah ke ekonomi berbasis pengetahuan agar menghasilkan nilai tambah.


“Yang jelas kegiatan ini untuk menyempurnakan pengetahuan kader Ansor, khususnya bagi sahabat yang punya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)," jelas Zainuddin saat dimintai keterangan NU Online Jatim.


Ia menambahkan, materi yang disajikan dalam pelatihan di antaranya mengenai ekonomi mikro dan makro, ekonomi kreatif, digital marketing, dan karakteristik ekonomi rabbani. Hal ini menurutnya sangat penting diketahui oleh para pelaku usaha, terutama di era digital seperti saat ini.


"Dan pemateri yang kita datangkan tidak tanggung-tanggung. Ada Komisaris PT Solvera Investama, Direktur PT Grand Zam Zam Indonesia, Direktur Lab Persada Group, dan juga Dosen UIN Khas Jember yang juga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Lumajang," imbuhnya.


Ia berharap, dengan kegiatan ini para peserta terutama kader Ansor bisa menumbuhkan spirit Nahdlatut Tujjar yang pernah digagas KH Abdul Wahab Hasbullah guna kebangkitan ekonomi Nahdliyin.


"Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Sehingga sebagai kader Ansor tidak hanya membangun pondasi keimanan dan ketakwaaan, tapi juga memperhatikan aspek sosial keumatan yang lain, salah satunya di bidang ekonomi," tandasnya.


Sebagai informasi, kegiatan ini diikuti puluhan peserta yang berasal dari Lumajang dan luar Lumajang, seperti Probolinggo, Jember, dan Banyuwangi.


Tapal Kuda Terbaru