• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Tokoh

Raden Saleh Seniman Beraliran Romantisme

Raden Saleh Seniman Beraliran Romantisme
Raden Saleh. (Foto: NOJ/Wildan)
Raden Saleh. (Foto: NOJ/Wildan)

Dunia perfilman Indonesia diramaikan dengan tayangnya film dengan judul Mencuri Raden Saleh. Film yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasingko itu menceritakan tentang komplotan pencuri yang berniat untuk mencuri lukisan sang maestro, Raden Saleh, yang berjudul Penangkapan Diponegoro. Pemalsuan, peretasan, pertarungan, dan manipulasi terjadi dalam pencurian berencana yang dijalankan oleh sekelompok anak muda amatiran itu.

 

Raden Saleh adalah salah satu seniman Indonesia yang memiliki ciri khas tersendiri dari setiap karya yang dibuatnya. Nama lengkapnya adalah Raden Saleh Sjarif Bestaman memiliki jalur keturunan Arab dari Ayahnya Sayyid Hoesen bin Alwi bin Awal bin Jahja sedangkan Ibunya adalah keturunan Jawa Ningrat yang bernama Mas Adjeng Zarip Hoesen.

 

Sejak kecil Raden Saleh sudah gemar menggambar, bakatnya ini sudah dimulai sejak ia duduk di bangku sekolah. Saleh kecil belajar di sekolah rakyat (Volks School) milik Pemerintah belanda. Tak jarang ketika gurunya sedang mengajar, ia malah asyik menggambar. Meskipun begitu, gurunya tidak pernah marah, karena kagum melihat karya saleh.

 

Raden saleh merupakan seniman Indonesia yang dikenal sebagai pelopor seni rupa modern di Indonesia. Karya-karya yang ia buat bahkan banyak yang memiliki nilai yang sangat fantastis dan telah dikenal oleh masyarakat luas. Karena kemahirannya dalam melukis ini Raden Saleh menjadi tokoh penting seni rupa di Indonesia bahkan di mancanegara.

 

Dalam setiap karyanya, Raden Saleh banyak mengangkat tema-tema yang beraliran romantisme. Ciri-ciri aliran romantisisme sangat kental pada karyanya setelah dia berpetualang ke negara-negara Eropa. Aliran romantisisme adalah aliran yang mengutamakan imajinasi, emosi, dan sentimen idealisme yang biasanya dituangkan melalui alegori alam. Karena itulah banyak lukisan Raden Saleh yang melibatkan satwa liar dan pemandangan alam yang dramatis. Bahkan lukisan suasananya pun tetap dibumbui oleh pencahayaan alam yang emosional.

 

Lukisan Raden Saleh banyak ditemukan di belahan dunia, karena Saleh memang sempat berpetualang ke negara-negara Eropa untuk menimba ilmu dan pengalaman. Perjalanannya tersebut juga banyak mempengaruhi gagasannya dalam berkarya.

 

Raden Saleh adalah salah satu sosok yang dikagumi di negara-negara Eropa. Berbagai penghargaan banyak diberikan oleh negara-negara Eropa pada Raden Saleh. Pemerintah Indonesia juga pernah  memberikan penghargaan pada tahun 1969 lewat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu Piagam Anugerah Seni sebagai Perintis Seni Lukis di Indonesia.

 

Raden saleh dalam perjalanannya banyak menghasilkan karya-karya dengan berbagai tema romantisme. Teknik-teknik yang digunakan saleh banyak dipengaruhi oleh seniman Barat. Karya terkenalnya adalah pada lukisan berjudul Penangkapan Diponegoro.

 

Penulis: Wildanil Mubarok


Tokoh Terbaru