• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Jujugan

Aneka Manfaat Wedang Uwuh dan Cara Membuatnya

Aneka Manfaat Wedang Uwuh dan Cara Membuatnya
Wedang uwuh dapat menambah kekebalan tubuh. (Foto: NOJ/Saif)
Wedang uwuh dapat menambah kekebalan tubuh. (Foto: NOJ/Saif)

Surabaya, NU Online Jatim
Banyak unggahan di media sosial yang mengeluhkan kondisi fisik yang ambruk. Bahkan menyebutnya dengan hari nggregesi nasional. Hal tersebut memberikan pesan bahwa banyak warga yang sakit dengan beragam keluhan.


Salah satu yang disarankan untuk menambah kekebalan tubuh adalah dengan menyeduh jamu yang dikenal sebagai obat tradisional milik bangsa Indonesia yang sudah ada sejak lama. Meski saat ini banyak ditemui obat konvensional yang ampuh mengobati beragam penyakit, namun jamu masih menjadi pilihan alternatif sebagian masyarakat Indonesia sebagai obat herbal.


Salah satu jamu tradisional khas yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah wedang uwuh. Menurut bahasa, kata wedang dalam bahasa Jawa berarti minuman, sedangkan uwuh dalam bahasa Jawa berarti sampah. Wedang uwuh bila diartikan secara langsung memiliki arti minuman sampah, namun ini hanyalah istilah saja.


Bahan asli dari minuman ini adalah campuran beberapa rempah-rempah, yaitu jahe, kayu secang, daun dan kayu manis, daun dan akar sereh, daun pala dan biji pala, kapulaga dan gula batu. Wedang uwuh dipercaya dapat menghangatkan tubuh dan mampu mencegah berbagai macam penyakit.


Selain itu, masih banyak manfaat wedang uwuh untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin dan teratur. Beberapa penjelasan berikut semoga semakin meyakinkan pembaca, khususnya Nahdliyin sebagaimana dilansir merdeka.com. 


1. Mengatasi Asam Urat

Manfaat wedang uwuh untuk kesehatan yang pertama, yaitu dapat mengatasi asam urat. Menurut sejumlah penelitian, jahe merah yang terdapat pada wedang uwuh mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Selain itu, jahe merah juga bisa menurunkan rasa nyeri akibat penghambatan pada jalur siklo oksigenase.


Seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI, jahe merah juga termasuk dalam daftar 10 tanaman herbal yang efektif mengobati asam urat. Jahe merah dapat membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah.


2. Mencegah Penyakit Jantung
Selain dapat mengatasi asam urat, manfaat wedang uwuh juga mampu mencegah penyakit jantung. Kandungan senyawa pada kayu manis berperan penting untuk menurunkan risiko penyakit jantung.


Dalam studi 2014, tikus yang menerima perawatan jangka panjang yang melibatkan kayu manis dan pelatihan aerobik memiliki fungsi jantung yang lebih baik daripada yang tidak. Tentu saja, manfaat wedang uwuh ini bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.


3. Tangkal Radikal Bebas
Manfaat wedang uwuh untuk kesehatan selanjutnya, yaitu dapat menangkal radikal bebas. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai memiliki kandungan antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas. 


Antioksidan pada serai juga berperan penting untuk mencegah berbagai penyakit, seperti disfungsi sel di dalam arteri koroner. Dengan mengonsumsi wedang uwuh secara teratur, mampu menurunkan risiko berbagai penyakit kronis dalam tubuh.


4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat wedang uwuh untuk kesehatan lainnya, yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, kapulaga pada wedang uwuh mampu melawan bakteri dan patogen lainnya yang mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.


Selain itu, wedang uwuh juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Kandungan antioksidan pada pala, mampu mencegah dan mengobati penyakit hati dan batu ginjal.


5. Mengobati Batuk dan Pilek
Di dalam wedang uwuh terdapat gula batu yang dipercaya efektif untuk mengobati batuk dan pilek. Gula batu dianggap mampu membantu menenangkan rongga mulut, meluruhkan lendir, dan mengurangi batuk.


Selain itu, kandungan minyak atsiri dalam jahe merah juga bermanfaat untuk mengatasi batuk pada anak-anak maupun orang dewasa. Manfaat wedang uwuh ini bisa didapatkan dengan cara mengonsumsinya secara rutin dan teratur.


Cara Membuat Wedang Uwuh

Bahan:
• 3 kayu manis kecil
• 3 batang serai
• 5 buah cengkeh
• 1 genggam kayu secang
• 1 ruas jahe
• 5 buah kapulaga
• 1 liter air
• Gula batu secukupnya


Cara Membuat:
1. Bakar jahe, kemudian geprek hingga pipih. Didihkan air, lalu masukkan jahe untuk direbus hingga sarinya keluar.

2. Setelah itu, tambahkan kayu manis, cengkeh, pala, secang, dan gula batu. Rebus semua bahan sampai mendidih, kurang lebih selama 15 menit.

3. Jika air sudah berwarna merah, angkat dan tuangkan ke dalam gelas. Kemudian wedang uwuh bisa dihidangkan dengan disaring atau tanpa disaring.

4. Sajikan selagi hangat dan semoga selalu sehat.


Jujugan Terbaru