• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 7 Juli 2022

Tapal Kuda

NU Peduli Semeru

Puluhan Personil Layanan Kesehatan Bantu Penyintas APG Semeru

Puluhan Personil Layanan Kesehatan Bantu Penyintas APG Semeru
Puluhan personil layanan kesehatan saat hendak membantu penintas APG Semeru di Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Puluhan personil layanan kesehatan saat hendak membantu penintas APG Semeru di Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

Tak henti-hentinya NU Peduli dari berbagai daerah melakukan penanganan pasca bencana Awan Panas Guguran (APG) Semeru. Kali ini, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng mengirim 56 personil untuk melakukan bakti sosial dan layanan kesehatan gratis bagi penyintas APG Semeru, Selasa (01/02/2022).

 

Berangkat dari Posko utama NU Peduli Lumajang, rombongan NU Peduli Jateng dilepas langsung oleh Wakil Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang KH Fanandri Abdussalam, dan diikuti seluruh personil NU Peduli dari Jateng dan Lumajang.

 

“Insyaallah, tim kami dijadwalkan melakukan layanan kesehatan selama dua hari,” ujar H Moh Mahsun selaku Ketua rombongan NU Peduli Jateng. 

 

Menurut pria yang juga Ketua Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jateng ini, nantinya akan dibagi menjadi beberapa tim. Mereka akan membantu di posko pengungsian dan berkeliling ke rumah-rumah warga yang terdapat penyintas.

 

"Termasuk juga ada tim kami yang sudah mulai kemarin ada di Pronojiwo. Sekarang kita jadwalkan ke Desa Sumberwuluh, Sumbermujur. Kita sudah menyiapkan kebutuhan untuk kesehatan dengan kuota 2000 orang, juga ada sekitar 27 tenaga kesehatan terdiri dari dokter dan para medis," ungkap Mahsun.

 

Sementara itu, Kiai Fanandri sangat berterima kasih atas bantuan dari NU Peduli Jateng. Hal ini menurut Kiai Fanandri dapat meringankan kebutuhan para penyintas, utamanya dalam hal kesehatan.

 

"Dengan empati, kepedulian dan pertolongan jenengan ini kepada saudara-saudara kita di Lumajang, sebenarnya jenengan semua membuka pintu pertolongan Allah kepada jenengan atas semua permasalan-permasalahan yang dialami. Insyaallah akan ada jalan keluar dari Allah," tutur Kiai Fanandri.

 

Kiai Fanandri berharap, dengan ikhtiar layanan kesehatan gratis ini penyintas APG Semeru semuanya sehat, termasuk para relawan yang berjibaku membantu penyintas APG Semeru.

 

"Saya titip para penyintas nanti jangan diberi obat kuat ngge, karena penyalurannya sulit. Kalau relawannya silahkan tidak apa-apa," ucap Kiai Fanandri dengan nada bercanda.

 

Jauh hari sebelumnya, NU Peduli Jateng juga sudah pernah berkunjung ke Lumajang saat peletakan batu pertama pembangunan Hunian Sementara (Huntara). Kala itu, NU Peduli Jateng membangun 30 unit Huntara.

  

Kali ini, selain membuka layanan kesehatan gratis, NU Peduli Jateng juga membawa 700 paket kesehatan yang berisi obat, vitamin, madu dan lain sebagainya.


Tapal Kuda Terbaru