• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Tapal Kuda

Aneka Perayaan Harlah NU di Lumajang, dari Apel Kader hingga Jalan Sehat

Aneka Perayaan Harlah NU di Lumajang, dari Apel Kader hingga Jalan Sehat
Apel kader dalam rangka Harlah ke-99 NU yang diadakan di Kabupaten Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Apel kader dalam rangka Harlah ke-99 NU yang diadakan di Kabupaten Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

Momen Hari Lahir (Harlah) ke-99 Nahdlatul Ulama (NU) masih dirasakan dan dirayakan di hampir semua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) di Kabupaten Lumajang. Berbagai perayaan mewarnai momen Harlah organisasi yang lahir pada 16 Rajab 1344 Hijriah ini. 

 

Seperti yang dilakukan MWCNU Kecamatan Klakah. Kegiatan jalan sehat berhasil menarik ribuan peserta untuk turut serta pada Sabtu (19/02/2022) pagi. Start jalan sehat ini dari lapangan Desa Ranupakis. Tidak hanya sekedar jalan-jalan, namun diakhir acara panitia menyiapkan puluhan door prize menarik.

 

"Jalan sehat ini gratis tanpa ada uang pendaftaran, 3000 kupon yang telah kami siapkan ludes semuanya. Alhamdulillah untuk hadiah ini sumbangan dari beberapa warga NU. Jalan sehat ini bentuk rasa bahagia menjadi warga NU. Harapannya, warga NU di sini menjadi pribadi sehat yang akan melahirkan negeri yang kuat," ungkap Asnawi ketua panitia Harlah NU di Klakah saat dikonfirmasi NU Online Jatim.

 

Menurut Asnawi, jalan sehat merupakan rangkaian acara Harlah NU tahun ini, untuk puncaknya akan dilaksanakan kegiatan bertajuk NU Klakah bershalawat dengan menghadirkan KH Sadid Jauhari, Rais Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) asal Kencong Jember, Sabtu (19/02/2022) malam.

 

Di hari yang sama, MWCNU Kunir melaksanakan apel kader yang diikuti ratusan peserta dalam rangka Harlah NU di lapangan Desa Kunir Kidul.

 

"Sebelumnya kita juga melaksanakan syukuran bersama Hadrah Ishari dan beberapa Lembaga dan Badan Otonom (Banom). Pagi hari ini kita menyatakan bahwa secara organisasi dan kader kita setia kepada NU dan NKRI, kita ingin ajaran Ahlussunnah wal Jamaah lestari di sini," kata In'am Hayatuddin Ketua MWCNU Kunir saat berorasi di depan ratusan peserta.

 

Sedangkan di MWCNU Senduro Harlah NU dirayakan dengan ziarah muassis setempat yang diawali dengan Khatmil Qur'an, pembacaan Ratibul Haddad, Yasin Tahlil pada Jumat, (18/02/2022) di Gedung NU Center Senduro yang belum rampung dibangun.

 

"Harlah NU setiap tahunnya kita rayakan dengan Khatmil Qur'an. Namun pada tahun ini banyak agenda tambahan, ada bedah kitab Risalah Ahlussunnah wal Jamaah, bahtsul masa'il, dan juga forum bisnis," sebut Imron Jalil Ketua MWCNU Senduro.

  

Perayaan Harlah NU lainnya dirayakan dengan Yasin Tahlil, Istighotsah, Shalawat oleh lembaga dan Banom di seluruh tingkatan, yang sebelumnya dimulai oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru