• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 29 April 2024

Jujugan

Pantai Damas, Tempat Favorit Melepas Penat dari Keramaian Kota

Pantai Damas, Tulungagung. (Foto: NOJ/tripjalan-jalan)

Trenggalek, NU Online Jatim
Pantai masih menjadi tempat favorit untuk melepas penat dari hiruk pikuk keramain perkotaan. Salah satu pantai di Kabupaten Trenggalek menyuguhkan suasana alami dalah Pantai Damas. Pantai ini tak berbayar alias gratis tanpa tiket masuk namun tak kalah indah pemandangan yang disuguhkan.

Bentangan pantai memanjang cukup menarik untuk pelancong. Tidak hanya deburan pantai bersih, pepohonan rindang juga menambah kesejukan pantai selatan ini.

Untuk menuju ke lokasi cukup mudah. Dari Alun-alun Trenggalek ke Pantai Damas hanya 48 KM dengan jarak tempuh 1 jam 20 menit. Kendati berkelok-kelok, akan tetapi jalan sudah beraspal, cukup aman baik kendara roda 2 maupun roda 4.

Memasuki wilayah Kecamatan Watulimo, tepatnya di Tikungan Jurug Bang, tampak pemandangan pesisir dari ketinggian. Selain pantai, pepohonan terhampar hijau membelah hutan.

Sampai di SMPN 1 Kecamatan Watulimo lurus ke arah pertigaan. Jika ke kiri arah ke Pantai Prigi, Pantai Mutiara dan Pantai Karanggongso. Untuk menuju Pantai Damas berbelok ke arah kanan hingga masuk ke Desa Karanggandu. Tinggal sekitar 3 KM untuk ke pantai, tanjakan dan turunan cukup curam. Sehingga, pastikan rem kendaraan aman sebelum berangkat.

Fasilitas gazebo cukup besar, bisa membuat pengunjung sekadar santai berteduh, pun rebahan santai. Bila ingin melihat view dengan perahu nelayan, bisa ke arah sebelah kiri dari jalan masuk. Beberapa perahu berjajar di tepi pantai.

Jikalau ingin menikmati hamparan pasir dan pemandangan pohon kelapa, bisa ke arah kanan jalan masuk. Lurus sekitar 700 meter akan mendapati hamparan pasir memanjang. Kendati jarak bibir pantai dengan laut tak begitu panjang, pantai yang bersih dan rindang cukup memanjakan mata dan suasana.

Bagi keluarga yang membawa banyak anggota, bisa menggelar alas tikar di bibir pantai. Pengunjung juga dilarang untuk bermain air di pantai, sebab gelombang laut lumayan sedang. Bagi anak-anak yang bermain, harus mendapat pengawasan dari orang tua.

Termasuk juga perlu kewaspadaan di musim penghujan bagi pengunjung yang menuju sepanjang arah Pantai Damas. Sebab, pasca banjir beberapa waktu lalu, beberapa titik akses bahu jalan terkena longsor. Serta ada dua titik jalan amblas, kendati tidak membahayakan, namun harus tetap berhati-hati dan awas.