• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Jujugan

Spot Pelabuhan Sarimuna Bangkalan Cocok Jadi Tempat Ngabuburit Santai

Spot Pelabuhan Sarimuna Bangkalan Cocok Jadi Tempat Ngabuburit Santai
Suasana pelabuhan Sarimuna. (Foto: NOJ/Ryan Syarif Hidayatullah)
Suasana pelabuhan Sarimuna. (Foto: NOJ/Ryan Syarif Hidayatullah)

Bangkalan, NU Online Jatim

Ngabuburit menjadi suatu hal yang tidak terpisahkan bagi semua orang. Terlebih bagi anak muda yang hampir tiap hari mencari tempat untuk menunggu adzan Maghrib berkumandang.


Tidak hanya mendatangi pasar kuliner, Ngabuburit bisa dilakukan dengan jalan-jalan ke suatu tempat wisata seperti pantai, gunung, dan pelabuhan.


Di Kabupaten Bangkalan terdapat beragam wisata pantai yang seringkali dikunjungi para wisatawan. Namun, tidak kalah menarik di sini, ada salah satu spot pelabuhan yang kerap kali ramai dikunjungi saat sore hari.


Pelabuhan itu dikenal dengan nama Pelabuhan Sarimuna, karena lokasinya yang berdekatan dengan peninggalan Syaichona Moh Cholil Bangkalan yang berupa perahu Sarimuna.


Meski pelabuhan ini tidak seperti pelabuhan lainnya yang menjadi tempat alur pelayaran, namun pelabuhan ini bermanfaat untuk masyarakat sekitar sebagai tempat bersandarnya perahu kecil yang biasa digunakan untuk memancing dan mencari ikan.


Pelabuhan Sarimuna menyajikan pemandangan indah dengan desiran ombak yang cukup tenang. Hal itu membuat anak-anak muda bahkan masyarakat nyaman menikmati ngabuburit hingga ada sebagian yang melaksanakan buka puasa bersama sembari menikmati indahnya senja yang datang dari arah Barat.


Setiap harinya, pelabuhan Sarimuna tidak sepi pengunjung, selain menyajikan pemandangan yang indah, juga tidak ada tiket untuk masuk pelabuhan Sarimuna. 


Masyarakat yang berkunjung kebanyakan membawa pancing dan melakukan kegiatan memancing. Ada sebagian yang berenang sembari foto-foto menikmati beragam momen di Pelabuhan Sarimuna.


Jujugan Terbaru