• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Jujugan

Wisata Sawah Sumber Gempong Trawas, Suguhkan Gunung Penanggungan

Wisata Sawah Sumber Gempong Trawas, Suguhkan Gunung Penanggungan
Wisata sawah Sumber Gempong Trawas, Mojokerto. (Foto: NOJ/YNH)
Wisata sawah Sumber Gempong Trawas, Mojokerto. (Foto: NOJ/YNH)

Mojokerto, NU Online Jatim

Mojokerto ternyata mempunyai wana wisata yang sangat banyak dan wajib dikunjungi saat berada di daerah sini. Salah satunya di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto ada destinasi wisata bernama wisata sawah Sumber Gempong yang lokasinya berada di Dusun Sukorame, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.


Untuk harga tiket masuk di kawasan sawah Sumber Gempong sangat ramah di kantong, yakni Rp 5.000 per orang. Dengan tarif tersebut, wisatawan bisa mendapatkan akses untuk menjelajahi sawah, berenang di kolam mata air yang jernih, berfoto sepuasnya, dan juga ada terapi ikan.


Namun, tiket masuk tersebut belum mencakup sejumlah wahana yang ada di wisata alam ini. Berikut daftar tarif wahana di wisata sawah Sumber Gempong yakni kereta sawah harga tiket Rp 10.000 per orang 2, jantra harga tiket Rp 10.000 per orang, sepeda layang harga tiket Rp 15.000 per orang, becak terbang harga tiket Rp 20.000 per orang, bebek air harga tiket Rp 20.000 per orang, ATV harga tiket Rp 25.000 per orang, dan naik kuda, harga tiket Rp 30.000 per orang.


Azmil salah satu pengunjung mengatakan, sampai di sana disambut dengan beragam atraksi wisata yang menarik di sawah Sumber Gempong. Selain itu, kawasan wisata tersebut menawarkan panorama indah hamparan sawah dengan latar belakang panorama Gunung Penanggungan. 


Menurutnya, wisata ini ternyata berada di kaki Gunung Penanggungan di ketinggian 700 hingga 1.200 mdpl yang menjadikan obyek wisata ini memiliki udara sejuk khas dataran tinggi.


“Di sini udaranya sangat sejuk dengan semilir angin yang agak kencang. Jika berkunjung di sini diharapkan tidak pada waktu musim hujan, karena ya memang berbasis sawah juga awan-awan akan menghalangi gunung jika mendung,” ujarnya.


Ia menyebut, pengunjung juga bisa menjumpai sumber mata air yang konon tidak pernah kering pada musim kemarau. Jika ingin berkunjung bisa menempuh perjalanan sekitar satu jam atau 37,7 kilometer (km) dari pusat Kota Mojokerto. Sebelum berkunjung, simak dulu informasi harga tiket, jam buka, dan aktivitas wisata Sawah Sumber Gempong.


Wisata sawah Sumber Gempong buka setiap hari. Jam buka wisata sawah Sumber Gempong pada hari kerja (weekday) adalah pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Sedangkan, jam buka wisata Sawah Sumber Gempong pada hari libur (weekend) yakni pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.


“Di sana ternyata ada juga petilasan makam, ya semacam makam keramat penggagas desa ini,” ungkapnya.


Jujugan Terbaru