• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 25 April 2024

Kediri Raya

1 Abad NU Momen Melahirkan Ide dan Gagasan Songsong Abad Kedua

1 Abad NU Momen Melahirkan Ide dan Gagasan Songsong Abad Kedua
1 Abad NU Momen Melahirkan Ide dan Gagasan Songsong Abad Kedua. (Foto: LTN PBNU/ Saiful Amar)
1 Abad NU Momen Melahirkan Ide dan Gagasan Songsong Abad Kedua. (Foto: LTN PBNU/ Saiful Amar)

Blitar, NU Online Jatim

Sekretaris Umum Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Blitar, Muhammad Thoha Ma'ruf menyebut peringatan 1 Abad NU harus menjadi momentum untuk melahirkan ide dan gagasan baru dari Nahdlatul Ulama (NU).


"Harus ada rumusan atau gagasan baru dari NU yang dilahirkan menuju abad kedua ini. Memang di sisi lain juga perlu ada perayaan sebagai syiar Nahdliyin," ungkap Muhammad Thoha Ma'ruf, Selasa (07/02/2023).


Mantan Ketua Komisariat PMII Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar 2020-2021 ini menjelaskan, rumusan yang lahir dari NU harus menjadi bahasan kepengurusan NU di berbagai tingkatan.


"Kemudian di struktural lain punya tugas merawat akar rumput agar fungsi dan tujuan organisasi ini bisa terwujud, bukan hanya yang penting ada wujudnya saja," ujarnya.


Dirinya pun mencontohkan terkait peran NU dalam kehidupan bermasyarakat. Ia mengatakan, NU harus bisa mengambil peran yang lebih dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.


"Keberadaan sekolah dan perguruan tinggi misalnya yang dikelola oleh NU terkesan kurang menarik bagi mahasiswa. Ini harus dicari solusinya, bagaimana agar menarik dan menjadi tempat lahir akademisi dari NU," terangnya.


Pada sektor lain, NU juga harus bisa mengambil peran di bidang kesehatan dan perekonomian. Dengan begitu nantinya tidak akan ada ketergantungan terhadap fasilitas kesehatan daerah ataupun pusat perbelanjaan milik perusahan swasta.


"Artinya, dengan jumlah massa yang sangat banyak ini menjadi peluang besar untuk bisa maju dalam berbagai bidang. Dengan kata lain, NU ini bisa mandiri dengan konsep dari Nahdliyin, oleh Nahdliyin, dan untuk Nahdliyin," tegasnya.


Pria kelahiran 4 Agustus 1999 ini menambahkan, pada momentum 1 Abad NU juga perlu ditegaskan NU bukan komoditas politik yang hanya dimanfaatkan pada momentum Pemilihan Umum (Pemilu), karena mempunyai basis massa yang besar.


"Organisasi ini perlu menjadi tempat sebagai upaya pengorganisasian potensi dan peran ulama pesantren yang sudah ada untuk ditingkatkan dan dikembangkan lebih luas lagi," pungkasnya.


Kediri Raya Terbaru