• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Kediri Raya

Forum Daiyah Fatayat NU Blitar Dikukuhkan, Kawal Lima Bidang Garapan

Forum Daiyah Fatayat NU Blitar Dikukuhkan, Kawal Lima Bidang Garapan
Forum Daiyah Fatayat NU Kabupaten Blitar Dikukuhkan. (Foto: NOJ/ Ika NF)
Forum Daiyah Fatayat NU Kabupaten Blitar Dikukuhkan. (Foto: NOJ/ Ika NF)

Blitar, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Blitar mengukuhkan pengurus Forum Daiyah Fatayat atau sering disebut ‘Fordaf’. Kegiatan yang juga dilakukan Pelatihan Daiyah ini dipusatkan di Masjid Raya Wlingi, Kabuapten Blitar, Kamis (03/02/2022).

 

Pelatihan Daiyah sendiri menghadirkan dua pemateri, yakni Kiai Ali Romzi, Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum, Selotumpuk Wlingi, dan Kiai Ahmad Mudhofi, Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Blitar.

 

Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Blitar, Diana Dwi Oktavia mengungkapkan, Fordaf merupakan suatu lembaga yang berada di bawah garis koordinasi bidang dakwah PC Fatayat NU Kabupaten Blitar.

 

“Forum ini merupakan salah satu bagian dari tujuh program unggulan Fatayat ‘Mempesona’,” ujar Ning Diana, sapaan akrabnya.

 

Disebutkan, bahwa tujuan didirikannya forum ini yaitu untuk mewadahi gerak langkah Daiyah Fatayat NU yang memiliki beragam potensi serta kreasi dalam berdakwah di masa saat ini.

 

“Adapun program yang dirancang dalam Fordaf, meliputi, pemetaan potensi Daiyah Fatayat NU, pelatihan, kajian, serta layanan dakwah umat,” tuturnya.

 

Ning Diana menambahkan, untuk pelaksanaannya Fordaf terbagi menjadi lima divisi yang didasarkan atas potensi daiyah setempat. Meliputi, dakwah kitab kuning dan hafidzah, dakwah orasi panggung, dakwah media tulis, dakwah media sosial, dan dakwah lewat tradisi dan seni budaya Islam.

 

“Adanya lima divisi tersebut bertujuan agar pemberdayaan daiyah dan layanan umat terealisasi dan berjalan secara terus menerus,” lanjutnya.

 

Untuk itu, dengan dikukuhkannya pengurus Fordaf diharapkan ke depan kader Fatayat NU dapat berkreasi dengan program yang sudah dicanangkan dan melakukan pelayanan umat, serta memenuhi kebutuhan daiyah di semua tingkatan.

 

“Hal tersebut sejalan dengan penguatan peran daiyah di tengah masyarakat secara umum. Tentu, dengan tetap memperkuat persatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Salam Fordaf. Manfaat, barokah, mempesona,” pungkasnya.


Kediri Raya Terbaru