• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Kediri Raya

Khafin Zubaidi, Mahasiswa UNU Blitar Terpilih Jadi Sekjen Formasi Jatim

Khafin Zubaidi, Mahasiswa UNU Blitar Terpilih Jadi Sekjen Formasi Jatim
Khafin Zubaidi, Sekjen Formasi Jatim. Foto: Istimewa
Khafin Zubaidi, Sekjen Formasi Jatim. Foto: Istimewa

Blitar, NU Online Jatim

Muhammad Khafin Zubaidi merupakan mahasiswa semester enam Program Studi (Prodi) Fisika Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar yang memiliki jiwa kepemimpinan tinggi. Bahkan ia kini terpilih sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forum Mahasiswa Fisika (Formasi) Jawa Timur periode 2022-2023. 

 

Mahasiswa kelahiran Blitar, 26 Oktober 1999 ini memang piawai dalam berorganisasi. Sejak tahun 2014 di usianya yang masih lima belas tahun sudah menjadi anggota Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU). Ia pernah menjabat sebagai anggota Lembaga Komunikasi Perguruan Tinggi (LKPT) Pimpinan Cabang (PC) IPNU Kabupaten Blitar periode 2019-2021 serta Ketua Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) IPNU UNU Blitar periode 2020-2021. 

 

Awalnya Khafin hanya sekadar mewakili Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafis) UNU Blitar dalam kegiatan Ajang Kreativitas Mahasiswa Fisika (Aksi) XXXVIII sebagai calon Sekjen. Ia juga tidak menyangka bakal terpilih sebagai Sekjen Formasi. Sebab ajang ini diikuti oleh 16 Himafis dari berbagai universitas di Jatim. Apalagi UNU Blitar merupakan universitas swasta yang masih berusia lima tahun. 

 

“Bisa dibilang saya juga kurang percaya diri, dan saya tidak pernah bermimpi bisa menjadi Sekjen Formasi Jatim. Tetapi dengan dukungan dari berbagai pihak dan kemampuan yang saya miliki, semua itu bisa terjadi,” tuturnya kepada NU Online Jatim, Sabtu (28/01/2022).

 

Khafin menceritakan, terpilinya dirinya sebagai Sekjen tidak terlepas dari kemampuan teknik lobbying yang didapatkan saat berproses di IPNU. Selain itu dibarengi dengan visi-misi yang apik, yaitu menjadi penggerak utama dan katalisator tata kelola yang baik menuju terwujudnya Formasi Jatim berkemajuan.

 

Mahasiswa yang lolos Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) ini juga berharap jejaknya bisa diikuti oleh mahasiswa UNU Blitar lainnya. Ia yakin usia UNU Blitar yang masih lima tahun bukan menjadi penghalang untuk berprestasi. Ia juga berpesan agar mahasiswa UNU Blitar terus berkembang untuk kemajuan almamater tercinta. 

  

“Dan jangan menjadi katak dalam tempurung, tapi jadilah singa di kandang orang. Khususnya untuk Himafis UNU Blitar. Jangan patah semangat untuk berkarya, karena besarnya UNU dan Himafis itu berawal dari kita,” pungkasnya.


Editor:

Kediri Raya Terbaru