• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Kediri Raya

GP Ansor di Kediri Laksanakan Penghijauan di Harlah ke-90

GP Ansor di Kediri Laksanakan Penghijauan di Harlah ke-90
Suasana penghijauan PAC GP Ansor Puncu, Kediri. (Foto: NOJ/ISt)
Suasana penghijauan PAC GP Ansor Puncu, Kediri. (Foto: NOJ/ISt)

Kediri, NU Online Jatim

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-90, salah satunya Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. Puluhan kader bersama lintas organisasi pecinta alam untuk melaksanakan go green atau penghijauan.   


Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Puncu, Yusuf Baitul Akbar mengatakan, kegiatan ini sebenarnya juga sudah mendapatkan instruksi dari pengurus pusat untuk mengadakan bersih-bersih lingkungan atau go green.


Pihaknya mengaku, di wilayah Kediri khususnya di Kecamatan Puncu masih banyak hutan, termasuk hutan lindung. Namun meskipun demikian, Ansor Puncu ingin tetap menjaga kelestarian penyuplai oksigen hutan melalui pepohonan, ditambah lagi memiliki nilai tambah bagi warga.


"Kebetuan ada sumber tidak terawat akhirnya kita ambil di situ. Sumber Celeng sendiri belum terbengkalai, hanya saja tidak maksimal perawatannya,” ujarnya, Rabu (24/04/2024).


Menurut Yusuf, ke depan dari GP Ansor Puncu akan memasang papan plang bahwa lokasi ini memiliki tanaman yang berasal dari Ansor sebagai peninggalan, karena ditanami pohon berbuah semua, sehingga bisa dimanfaatkan warga sekitar ketika sudah berbuah.


"Iya bisa dimanfaatkan, karena gambaran kita Sumber Celeng ini bisa untuk wisata. Kemarin sempat dikelola itu ada 11 sumber dan ada kolam ikan untuk memancing, akan tetapi karena jauh dari pemukiman membuat mati suri," paparnya.


Pria yang juga aktif di Sanggar Kreativitas Rakyat Pare (Sastra Pare) ini menambahkan, sebenarya lokasi Sumber Celeng merupakan akses dari desa ke desa seperti jalur alternatif.


Sementara beberapa terlibat dalam go green ini ada dari Komuitas Oyot Klopo dan Mbah Leces yang sudah malang melintang di kegiatan sosial lewat pecinta alam. Untuk personel yang ikut dari Ansor-Banser sekitar 25 kader.


"Kalau komuitas lain ada 15 an. Ini dari PAC sebenarnya persiapan 2 hari saja, karena kegiatan di PAC Ansor Puncu banyak, ada liwetan dan agenda-agenda lain," jelasnya.


Yusuf berharap ke depan bisa terus berlanjut. Pasalnya, pihaknya baru pertama kali ini menyelenggarakan penghijauan. Ansor Puncu sendiri berkeinginan terkait dengan lingkungan agar bisa lebih eksis di media sosial.


“Termasuk dengan cara bisa menggandeng komunitas-komunitas pecinta alam di Kediri. Karena Ansor membuka selebar-lebarnya kerja sama untuk membawa perubahan dan kebaikan bagi umat,” tandasnya.


Kediri Raya Terbaru