• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Kediri Raya

Gus Reza Berupaya Kembalikan Status Tribakti jadi Universitas

Gus Reza Berupaya Kembalikan Status Tribakti jadi Universitas
KH Reza Ahmad Zahid atau Gus Reza, Rektor IAIT Kediri. (Foto: NOJ/A Muwaffaq)
KH Reza Ahmad Zahid atau Gus Reza, Rektor IAIT Kediri. (Foto: NOJ/A Muwaffaq)

Kediri, NU Online Jatim

KH Reza Ahmad Zahid atau Gus Reza Rektor Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri mengatakan, bahwa pihaknya akan mengupayakan mengembalikan status Tribakti menjadi Universitas. Hal tersebut disampaikannya saat serah terima jabatan Rektor yang dipusatkan di aula kampus setempat, Jum’at (13/11/2021).

 

Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur itu menceritakan, bahwa dahulu saat KH Mahrus Aly mendirikan kampus Tribakti sudah memiliki nama Univeritas Tribakti. Namun karena beberapa hal beralih status jadi IAIT Kediri.

 

“Alih status menjadi Universitas tersebut akan kami perjuangkan, agar kembali ke nama asal ia didirikan,” terangnya.

 

Gus Reza memaparkan, progres saat ini yang sudah dilakukan yaitu dengan menambah jurusan baru. Ia memastikan, tahun depan sudah bisa membuka dua jurusan baru, meliputi Tadris Matematika (TM) dan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IAT).

 

“Sedang saat ini, sedang menunggu turunnya Surat Keputusan (SK) untuk jurusan Ekonomi Syari'ah (ES) yang saat ini masih diproses oleh Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BANPT),” imbuhnya.

 

Ditambahkannya, pihaknya sedang sedang mengusahakan untuk mendapatkan rekomendasi dari Koordinator Kopertais Wilayah IV terkait pengajuan dibukanya jurusan baru lainnya, yakni jurusan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Bimbingan Konseling.

 

"Semoga nanti setelah surat rekomendasi turun, kami dapat segera mewujudkan IAIT menjadi Universitas," ungkapnya

 

Sementara Koordinator Kopertais Wilayah IV Surabaya, Masdar Hilmy memberikan pengarahan agar dilakukan monitoring dan evaluasi terkait percepatan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk mencapai hal itu, dapat dilakukan kerja sama dengan kampus lain.

 

“Kami mengajak untuk MoU dengan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, karena kami sedang mengembangkan sistem IT terbaru. Nanti setiap dosen bisa melakukan akselerasi kenaikan pangkat,” ajak pria yang tidak lain Rektor UINSA Surabaya itu.

 

Ia menegaskan, bahwa usaha untuk memajukan institusi harus dilakukan kerja sama, agar kuat dan bisa berkembang. "Kerja sama dengan sejumlah pihak wajib dilakukan ke depan agar eksis dan berkembang," pungkasnya.


Kediri Raya Terbaru