• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 4 Februari 2023

Kediri Raya

IPNU-IPPNU Blitar Punya Program Ngrujak, Apa Itu?

IPNU-IPPNU Blitar Punya Program Ngrujak, Apa Itu?
Putri Habibilah (pegang mik), Koordinator Departemen Kaderisasi PC IPPNU Kabupaten Blitar. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)
Putri Habibilah (pegang mik), Koordinator Departemen Kaderisasi PC IPPNU Kabupaten Blitar. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)

Blitar, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Blitar masa khidmat 2021-2023 memiliki program ‘Ngrujak’. Program ini dijalankan oleh Departemen Kaderisasi yang merupakan kepanjangan dari Ngrumat dan Jagong Kaderisasi.


Program Ngrujak merupakan media silaturahmi dan agenda rutin yang akan dilaksanakan setiap jumat pahing. Sasarannya ialah pengurus departemen kaderisasi, kader utama, instruktur, pelatih, dan di setiap triwulan akan melibatkan pengurus kaderisasi yang ada di Pimpinan Anak Cabang (PAC) se-Kabupaten Blitar.


“Program ini bertujuan untuk pengawalan dan evaluasi bersama bagaimana perkembangan dan jalannya pengkaderan di daerah masing-masing,” ujar Putri Habibilah, Koordinator Departemen Kaderisasi PC IPPNU Kabupaten Blitar, Ahad (29/05/2022).


Dirinya menambahkan, PC IPNU-IPPNU Kabupaten Blitar juga akan membentuk tim pemetaan kaderisasi. Nantinya, akan ada koordinator di setiap sektornya. Hal ini dirasa penting karena wilayah Kabupaten Blitar yang cukup luas dan perlu pendekatan yang lebih massif lagi.


“Maka dari itu, diharapkan adanya koordinator tersebut dapat mempermudah komunikasi terkait sosialisasi kebijakan kaderisasi PC IPNU-IPPNU Kabupaten Blitar, memudahkan koordinasi terkait jalannya pengkaderan tingkat PAC maupun ranting, serta mempermudah klasterisasi kaderisasi,” jelas Putri.


Selain itu, untuk menunjang jalannya pengkaderan IPNU-IPPNU, Departemen Kaderisasi juga akan menyusun standarisasi modul pengkaderan. Hal ini bertujuan untuk menyamaratakan bobot materi di setiap tingkatannya, baik Masa Kesetiaan Anggota (Makesta), Latihan Kader Muda (Lakmud), dan Latihan Kader Utama (Lakut).


“Meskipun demikian, setiap PAC maupun ranting dapat memberikan materi tambahan sesuai dengan kebutuhan di lingkungannya, dengan syarat yang sudah ditentukan oleh cabang,” ungkap Putri.


Diharapkan program ini berjalan dengan lancar sehingga menjadikan PC IPNU-IPPNU Kabupaten Blitar sebagai Next Pioneer.


Diketahui, program Ngrujak ini disampaikan pada Rapat Pimpinan Cabang I (Rapimcab I) yang bertajuk ‘Sinergi Pelajar NU untuk Kabupaten Blitar yang Inovatif dan Akseleratif’. Kegiatan ini dipusatkan di Madrasah Diniyah Darun Naja, Desa Sumberejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Ahad (29/05/2022).


Kediri Raya Terbaru