• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Kediri Raya

Kiai Said Sowan ke Pesantren Lirboyo, Ikut Pengajian Kamis Legi

Kiai Said Sowan ke Pesantren Lirboyo, Ikut Pengajian Kamis Legi
Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj mengikuti pengajian Kamis Legi di Pesantren Lirboyo Kediri, Kamis (07/10/2021). (Foto: Instagram Nahdlatul Ulama)
Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj mengikuti pengajian Kamis Legi di Pesantren Lirboyo Kediri, Kamis (07/10/2021). (Foto: Instagram Nahdlatul Ulama)

Kediri, NU Online Jatim

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj mengunjungi Pesantren Lirboyo, Kediri, pada Kamis (07/10/2021) pagi. Dia datang menemui pengasuh pesantren, KH Anwar Manshur, lalu bergabung di pengajian rutin Kamis Legi tersebut.

 

Kiai Said tiba di Pesantren Lirboyo sekira pukul 09.30 WIB dan langsung menuju Aula Muktamar Lirboyo. Dia didampingi oleh Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini. Di sana, digelar pengajian rutin Kamis Legi yang biasa diampu oleh KH Anwar Manshur. Begitu Kiai Said tiba, dia pun diberi kesempatan untuk menyampaikan materi.

 

“Dulu tahun 1968 saya masuk Lirboyo sampai 1971 saya ke pindah ke Krapyak, Jogja, kemudian ke Makkah Al Mukaromah 1980 sampai 1994, selama 14 tahun di sana,” ungkap Kiai Said dikutip dari tugujatim.id.

 

Dia senang Pesantren Lirboyo dan jamaahnya istiqamah dalam melaksanakan pengajian rutin Kamis Legi dengan Kitab Al-Hikam. Dia berharap dari pengajian tersebut dapat memperoleh pencerahan dari Allah SWT. Sehingga, sebagai umat Islam dapat naik kelas dari bersyahadah secara lisan menjadi bersyahadah dengan hati.

 

“Arti syahadah itu bersaksi, tapi tidak hanya lisan, namun juga qalbu (hati) juga bersaksi,” ujarnya.

 

Beberapa pekan lalu, Rais Aam NU KH Miftachul Akhyar dan Katib Aam KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya juga sowan ke KH Anwar Manshur di Pesantren Lirboyo. Keduanya ditemani sejumlah pengurus dari PWNU Jatim. Di kediama kiai sepuh Jatim itu, rombongan membicarakan soal Munas-Konbes dan Muktamar ke-34 NU.


Kediri Raya Terbaru