• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Kediri Raya

Pandemi Tak Surutkan IPNU-IPPNU di Kediri Gelar Kaderisasi

Pandemi Tak Surutkan IPNU-IPPNU di Kediri Gelar Kaderisasi
Makesta Kolasi Tengah IPNU-IPPNU Tarokan, Kediri. (Foto: NOJ/Andri)
Makesta Kolasi Tengah IPNU-IPPNU Tarokan, Kediri. (Foto: NOJ/Andri)

Kediri, NU Online Jatim

Pandemi Covid-19 memberi banyak pembelajaran bagi berbagai kalangan. Tidak semata bagaimana bisa memastikan diri selamat dari penyebaran virus Corona, juga kegiatan harian tidak terganggu.

 

Hal tersebut semakin menantang bagi para pegiat jamiyah seperti Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). Dalam artian bagaimana kegiatan khususnya kaderisasi dapat berjalan sesuai harapan, namun pada saat yang bersamaan tidak menyalahi protokol kesehatan.

 

Karenanya, Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Tarokan, Kabupaten Kediri tetap menggelar Masa Kesetiaan Anggota atau Makesta. Hanya saja, acara yang berlangsung sejak Sabtu hingga Ahad (22-23/05/2021) di MI Miftakhul Huda Desa Kaliboto Kecamatan Tarokan tersebut memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan bertemakan menanamkan ideologi Aswaja di era globalisasi itu merupakan Makesta gabungan yang dinamakan Makesta Koalisi Tengah.

 

“Makesta harus terus dilakukan untuk pendistribusian kader dari tingkat bawah demi kalanjutan regenerasi kepengurusan ke depan,” kata Angga Abiyoga dari divisi kaderisasi PAC IPNU Tarokan.

 

Menurutnya, pandem Covid-19 tidak boleh menjadi penghalang dalam proses kaderisasi dan pengembangan kader. Karena dalam pandangannya, kebutuhan regenerasi kepengurusan harus terus dipersiapkan untuk mempertahankan eksistensi.

 

“Juga sarana meningkatkan kualitas IPNU dan IPPNU di masyarakat sebagai organisasi pelajar Nahdlatul Ulama,” tegasnya.

 

Dikemukakan lebih lanjut bahwa koalisi tengah dilakukan sebagai sarana mengaktifkan kepengurusan di tingkat ranting. Apalagi belum bisa melaksanakan Makesta, sekaligus mengenalkan anggota ranting lain di kawasan setempat.

 

Dijelaskan bahwa selama ini kegiatan Makesta Koalisi Selatan sudah berhasil digelar. Pesertanya adalah Ranting Tarokan 1, Tarokan 2, dan Kedungsari. Kemudian setelahnya koalisi utara yaitu Ranting Blimbing, Kerep, dan Jati.

 

“Makesta gabungan ini menjadi sarana untuk kembali meningkatkan kegiatan di tingkat ranting yang sempat kurang maksimal dikarenakan pendemi,” terang dia.

 

Kepada media ini, Aldi selaku ketua panitia mengaku sangat bangga dengan semangat peserta Makesta. Demikian pula komitmen panitia dalam menjaga aturan selama kegiatan berlangsung.

 

“Antusias yang sangat luar biasa dilihat dari peserta dan keseruan dalam pelaksanaan. Tidak lupa loyalitas panitia yang berandil besar dalam suksesnya acara dengan menaati protokol kesehatan dari menjaga jarak, cuci tangan, dan memakai masker,” pungkasnya. 

 

Penulis: Andri

Editor: Syaifullah


Editor:

Kediri Raya Terbaru