• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 28 Juni 2022

Kediri Raya

Peduli, Fatayat NU di Blitar Resmikan Posko Gardu Hati

Peduli, Fatayat NU di Blitar Resmikan Posko Gardu Hati
Petugas Posko Gardu Hati Fatayat NU Kanigoro, Blitar saat melayani warga. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)
Petugas Posko Gardu Hati Fatayat NU Kanigoro, Blitar saat melayani warga. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)

Blitar, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Kanigoro meresmikan program Posko Gerakan Edukasi Kesehatan Ibu dan Anak (Gardu Hati). Peresmian dilakukan saat rutinan Rabu Pahing yang dilaksanakan setiap selapanan. Kegiatan dipusatkan di halaman Masjid Anwarul Muallafin, Desa Tlogo, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Rabu (13/10).

 

Ketua PAC Fatayat NU Kanigoro, Muashomah mengatakan, Posko Gardu Hati merupakan salah satu program dari Bidang Kesehatan dan Lingkungan Hidup PAC Fatayat NU Kanigoro. Program tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya masalah kesehatan yang muncul di tengah masyarakat.

 

“Persoalan lainnya ialah karena gaya hidup dan pola makan yang kurang baik di masyarakat yang disebabkan karena rendahnya kesadaran untuk memeriksa kesehatan diri secara berkala,” ujarnya.

 

Oleh karenanya, adanya  program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, khususnya perempuan dan anak, agar tidak terjangkit penyakit tidak menular (PTM).

 

Ia menambahkan, meski saat ini layanan yang bisa dilakukan cukup sederhana, ikhtiar ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan, khususnya  bagi perempuan atau ibu.

 

“Karena kalau perempuan atau ibu sehat, maka generasi selanjutnya juga akan berkualitas,” terang Muashomah.

 

Sementara itu, Koordinator Bidang kesehatan dan lingkungan Hidup PAC Fatayat NU Kanigoro, Binti Sholihah menyampaikan, sejumlah layanan kesehatan pihaknya siapkan. Menurutnya, semua yang bertugas di Posko Gardu Hati merupakan kader-kader Fatayat NU setempat yang sudah terlatih.

 

“Layanan tersebut meliputi, cek kesehatan tekanan darah, cek kolesterol, cek gula darah, dan cek asam urat,” ungkapnya.


Kediri Raya Terbaru