• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 25 Mei 2022

Kediri Raya

UNU dan KPU Blitar gelar Pendidikan Demokrasi  

UNU dan KPU Blitar gelar Pendidikan Demokrasi     
MoU antara KPU Jawa Timur, Blitar dengan UNU Blitar pada acara pendidikan demokrasi. (Foto: NOJ/Ika Nur Fitriani)
MoU antara KPU Jawa Timur, Blitar dengan UNU Blitar pada acara pendidikan demokrasi. (Foto: NOJ/Ika Nur Fitriani)

Blitar, NU Online Jatim

Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabuaten/Kota Blitar menggelar ‘Pendidikan Pemilih’ di Gedung KPU, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar pada Kamis (07/10/2021). Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa UNU Blitar.

 

Hadir pada kesempatan itu M Zainuddin selaku Rektor UNU Blitar dan Miftahur Rozaq selaku Komisioner KPU Jawa Timur. Zainuddin menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu dan pemilihan.

 

Menurutnya, hal itu bisa terwujud dengan diawali menumbuhkan rasa semangat berdemokrasi di kalangan mahasiswa agar dapat mensosialisasikan dan mengimplementasikan di masyarakat. Apalagi, keberhasilan suatu negara juga bergantung pada kebijakan politiknya, dan suara pemilih menjadi hal yang potensial.

 

“Maka dari itu, jadi pemilih jangan ogah-ogahan, apalagi hanya memilih karena iming-iming uang saja,” tuturnya.

 

Karena itu, lanjut Zainuddin, kesadaran berdemokrasi perlu dibangun, sebab kedaulatan rakyat perlu disongsong melalui demokrasi. Apabila kontribusi masyarakat besar dampaknya pun luas. “Dan jika pemilu gagal, negara pun akan amburadul, sebab hak konstitusi masyarakat tidak digunakan dengan baik,” jelasnya.

 

Zainuddin berharap, sebagai masyarakat akademik dan kaum terpelajar momentum ini jangan disia-siakan. Mahasiswa sebagai agen perubahan perlu menjadi pelopornya. Karena jika semua sadar, Indonesia akan cepat tumbuh dan lebih maju.


Kediri Raya Terbaru