• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Kediri Raya

Santri Mau Balik Ponpes, Pemkab Blitar Siapkan 10 Ribu Tes Antigen Gratis

Santri Mau Balik Ponpes, Pemkab Blitar Siapkan 10 Ribu Tes Antigen Gratis
Foto: Istimewa.
Foto: Istimewa.

Blitar, NU Online Jatim

Giliran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar memfasilitasi Rapid Antigen gratis bagi santri yang akan kembali ke pondok pesantren. Upaya ini dilakukan mengingat pesantren mensyaratkan agar santri sebelum kembali ke pondok telah dilakukan Rapid Antigen dan mengantongi surat keterangan sehat.

 

Dilansir sindonews.com, semula para santri dijadwalkan kembali ke pesantren pada Ahad (23/05/2021) lalu. Namun kemudian diundur pada Jum’at (28/05/2021). Kendati demikian, ada pula beberapa pesantren yang baru aktif pada Juni mendatang.

 

Eko Wahyudi, Juru Bicara Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar mengatakan, sebanyak 10.000 Rapid Antigen akan disiapkan oleh Pemkab Blitar. Rapid Antigen tersebut akan dibagikan secara gratis untuk para santri.

 

“Ada 10.000 reagen yang disiapkan Pemkab Blitar bagi santri,” ujar Eko Wahyudi, Selasa (25/05/2021).

 

Terkait pelaksanaan Rapid Antigen, Pemkab Blitar sedang menyiapkan proses distribusinya. Apakah seluruhnya dilakukan di pondok pesantren atau diibagikan secara bertahap di Puskesmas terdekat.

 

Sementara itu, Ferdiyana, salah seorang wali santri mengatakan, bahwa pemberlakuan Rapid Antigen gratis telah lama diterapkan di pesantren tempat putranya menimba ilmu.

 

Menurutnya, program tersebut merupakan inisiatif dari pesantren sendiri. “Sebab, di sana kan pesantren tangguh,” pungkasnya.


Kediri Raya Terbaru