• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Kediri Raya

UNU Blitar Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa Lewat Magang

UNU Blitar Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa Lewat Magang
Magang Mahasiswa FIPS di SDN 1 Ngadirejo, Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar. (Foto: NOJ/Ika NF).
Magang Mahasiswa FIPS di SDN 1 Ngadirejo, Kecamatan Kepanjen Kidul Kota Blitar. (Foto: NOJ/Ika NF).

Blitar, NU Online Jatim

Peningkatan kompetensi mahasiswa terus dilakukan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (FIPS) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar, yakni dengan mengadakan program magang. Kegiatan yang dilakukan untuk mengawali perkuliahan Semester Ganjil tahun 2021-2022 ini dikhususkan mahasiswa semester tujuh.

 

Ketua program magang UNU Blitar, Bima Tangguh Alam menjelaskan, pelaksanaan magang merupakan sarana untuk melatih kompetensi mahasiswa dalam mengajar. Sebab, melalui program ini mahasiswa dapat mengimplementasikan keterampilan mengajar yang sudah diperoleh saat kuliah.

 

“Dengan magang tersebut mahasiswa dapat menguasai setiap komponen yang ditampilkan satu persatu dalam situasi real class di lapangan, tentunya di bawah bimbingan guru pamong, kepala sekolah dan dosen pembimbing,” tuturnya kepada NU Online Jatim, Kamis (02/09/2021).

 

Bima juga mengungkapkan, tujuan adanya program ini agar mahasiswa mengetahui kemampuannya dalam mengajar. Program ini juga sebagai sebagai penunjang usaha peningkatan keterampilan, kemampuan, efektifitas dan efisiensi mahasiswa dalam proses pembelajaran.

 

“Serta untuk menumbuhkan kesadaran dan keterampilan mahasiswa dalam mengajar, serta menanamkan rasa percaya diri dan terbuka atas kritik,” tambahnya.

 

Magang pendidikan ini memberi kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi kemampuan yang dimiliki. Dengan itu, lanjut Bima, mahasiswa dapat mengevaluasi diri sehingga mengetahui perkembangan kemampuan dan penampilan mereka sehingga terbentuk kompetensi guru yang utuh.

 

“Kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesiona. Sesuai dengan standart kompetensi guru yang dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 74 tahun 2008,” tandas Bima.

 

Diketahui, sedikitnya ada 212 mahasiswa yang dinyatakan lolos program magang. Mereka terdiri dari berbagai Program Studi (Prodi) di FIPS. Diantaranya 94 mahasiswa dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), 26 mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PB Ing), 54 mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, (PBI) dan 38 mahasiswa Pendidikan Olahraga (POR).

 

Program yang akan berlangsung selama 2 bulan, yakni sejak awal September hingga akhir Oktober tersebut dilakukan dengan menggandeng sejumlah pihak, Diantaranya Dinas Pendidikan kabupaten/kota Blitar. Peserta magang juga ditempatkan di sekolah-sekolah di kabupaten/kota setempat yang telah menjalin kerja sama dengan UNU Blitar.

 

Editor: A Habiburrahman


Kediri Raya Terbaru