• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Kediri Raya

Shely, Siswi Juara 1 Lomba Cerpen Harlah UNU Blitar

Shely, Siswi Juara 1 Lomba Cerpen Harlah UNU Blitar
Shely Amanda Gelby, juara 1 menulis cerpen Harlah ke-5 UNU Blitar. (Foto: NOJ/Binti Masruroh)
Shely Amanda Gelby, juara 1 menulis cerpen Harlah ke-5 UNU Blitar. (Foto: NOJ/Binti Masruroh)

Blitar, NU Online Jatim

Namanya Shely Amanda Gelby. Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kademangan, Desa Tuliskriyo, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar. Ia berbakat menulis cerpen. Buktinya, cerpennya diganjar juara satu dalam lomba menulis cerpen dalam rangka Harlah ke-5 Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar baru-baru ini.

 

Shely tak menyangka bisa meraih juara. Apalagi mengikuti lomba bukan karena kemaunnya sendiri. Shely ikut karena diajak teman dan ia tak kuasa menolak. “Awalnya mengikuti lomba ini hanya iseng dan menghargai ajakan teman. Tidak  menyangka malah menang dalam lomba ini,” katanya kepada NU Online Jatim, Kamis (02/09/2021).

 

Tapi Shely mengaku memang senang menulis cerita sejak SMP. Kegemarannya membaca cerpen dan novel yang membuat dirinya terpacu untuk mengarang cerita. Mulanya ia menulis kata motivasi dan pengalaman sehari-hari di buku harian atau diary. Tentang apa saja. Biasanya ia menemukan inspirasi saat galau.

 

“Menurut saya, waktu yang tepat buat kita nulis yaitu pada saat galau, di situ ide cerita muncul,” ujar Shely.

 

Karena terbiasa, lama-lama ia mengaku mudah menulis. Sekali duduk Shely bisa merangkai kalimat, baik motivasi maupun cerpen, dua halaman. Tapi bukan berarti kendala tidak ditemui. Kerap kali pikirannya buntu sehingga tidak tahu cara melanjutkan tulisannya. Namun Shely tak menyerah. Biasanya ia mencari cara agar mood datang lalu melanjutkan tulisannya.

 

“Tetap semangat, mungkin hari ini belum bisa masih ada kesempatan lain waktu. Cari referensi-referensi dari platform manapun untuk menambah literasi,” kata Shely memotivasi diri dan teman-temannya.

 

Penulis: Binti Masruroh

 

Editor: Nur Faishal


Kediri Raya Terbaru