• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Kediri Raya

Yuli Nadhifah Triswati, Wakil Rakyat yang Belajar dari Fatayat NU

Yuli Nadhifah Triswati, Wakil Rakyat yang Belajar dari Fatayat NU
Yuli Nadhifah Triswati, wakil rakyat dan Bendahara PC Fatayat NU Tulungagung. (Foto: NOJ/Puspita H)
Yuli Nadhifah Triswati, wakil rakyat dan Bendahara PC Fatayat NU Tulungagung. (Foto: NOJ/Puspita H)

Tulungagung, NU Online Jatim

Salah satu cara untuk mengabdi kepada umat yaitu melalui politik. Yuli Nadhifah Triswati merupakan aktivis perempuan Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tulungagung berkiprah di bidang ini.

 

"Politik itu baik dan mulia. Perempuan bisa mengambil peran besar di politik," kata Yuli, sapaannya saat ditemui NU Online Jatim, Senin (08/03/2021).

 

Menurutnya, kebijakan bisa lahir melalui proses politik. Maka dari itu, aturan yang mendukung hak dan kepentingan akan mudah dibuat jika ada perwakilan perempuan sebagai penyeimbang.

 

Dijelaskan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulungagung komisi C yang membidangi kesehatan dan keuangan tersebut bahwa ketika terjun di politik, perempuan dengan sikapnya yang luwes akan mudah menyerap aspirasi masyarakat. Hal itu dibutuhkan untuk menentukan arah kebijakan.

 

"Saya belajar dari Fatayat NU untuk meningkatkan keluwesan dalam menyerap aspirasi masyarakat," terang perempuan yang juga Bendahara Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Tulungagung itu.

 

Selama ini, Fatayat NU mengajarkan untuk ikhlas berkhidmat untuk masyarakat. Istri dari Chusainuddin tersebut mengaku, Fatayat NU sebagai organisasi perempuan yang paling dekat dengan masyarakat telah membantunya menampung aspirasi masyarakat, khususnya para perempuan.

 

"PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung tidak hanya mengajari para kader dalam hal organisasi. Tapi juga mengajarkan tentang perjuangan perempuan untuk berkhidmat," ungkapnya.

 

Pada momentum Hari Perempuan Internasional, Yuli yang menjadikan Anggia Ermarini Ketua Pimpinan Pusat (PP) Fatayat NU sebagai role model perjuangannya mengajak seluruh perempuan berjuang untuk hak yang harus didapatkan.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Kediri Raya Terbaru