• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 30 April 2024

Keislaman

Bacaan Mahallul Qiyam Maulid Barzanji: Berisi Kisah Kelahiran Nabi

Bacaan Mahallul Qiyam Maulid Barzanji: Berisi Kisah Kelahiran Nabi
Bacaan Mahallul Qiyam Maulid Barzanji berisi kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW. (Foto: NOJ/ freepik)
Bacaan Mahallul Qiyam Maulid Barzanji berisi kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW. (Foto: NOJ/ freepik)

Dalam perayaan maulid atau kelahiran Nabi Muhammad SAW, jamaah lumrah berdiri di tempat yang familiar dengan sebutan mahallul qiyam. Sesuai namanya, mahallul qiyam bila diartikan dalam bahasa Indonesia dimaknai berdiri di tempat.

 

Saat Maulid Nabi, sikap ini dilakukan untuk menunjukkan ekspresi kebahagiaan dan penghormatan atas lahirnya Rasulullah SAW. Mengingat, bacaan dalam mahallul qiyam tersebut berisi kisah kelahiran Rasulullah. Berikut ini adalah bacaan mahallul qiyam dalam Kitab Barzanji atau Kitab Rawi beserta transliterasi dan terjemahannya:

صَلَّى اللهُ عَلى مُحَمَّدْ، صَلَّى اللهُ  عَلَيْهِ وَسَلَّمْ

مَرْحَبًا يَا مَرْحَبًا يَا مَرْحَبًا، مَرْحَبًا جَدَّ الحُسَيْنِ مَرْحَبًا

 

Shallallāhu ‘alā Muhammad, shāllallāhu ‘alayhi wasallam
Marhaban yā marhaban yā marhaban, marhaban jaddal Husaini marhaban.

 

Allah bershalawat untuk Nabi Muhammad saw, Allah bershalawat dan mengucap salam sejahtera untuknya.
Selamat datang, selamat datang, selamat datang, selamat datang kakek dari Husain, selamat datang.

يَا نَبِى سَلَامْ عَلَيْكَ، يَا رَسُوْلْ سَلَامْ عَلَيْكَ

يَا حَبِيْبْ سَلَامْ عَلَيْكَ، صَلَوَاتُ اللهْ عَلَيْكَ

 

Yā nabī salām ‘alayka, yā rasūl salām ‘alayka
Yā habīb salām ‘alayka, shalawātullāh ‘alayka

 

Wahai Nabi, salam sejahtera untukmu, wahai Rasul salam sejahtera untukmu
Wahai Kekasih, salam sejahtera untukmu, shalawat (rahmat) Allah untukmu

اَشْرَقَ الْبَدْرُ عَلَيْنَا، فَاخْتَفَتْ مِنْهُ الْبُدُوْرُ

مِثْلَ حُسْنِكْ مَا رَأَيْنَا، قَطُّ يَا وَجْهَ السُّرُوْرِ

 

Asyraqal badru ‘alayna, fakhtafat minhul budūru
Mitsla husnik mā ra’aynā, qaththu yā wajhus surūri

 

Satu purnama telah terbit di atas kami, pudarlah jutaan purnama lain karenanya
Belum pernah kulihat seperti keelokanmu, wahai wajah yang gembira

اَنْتَ شَمْسٌ اَنْتَ بَدْرٌ، اَنْتَ نُوْرٌ فَوْقَ نُوْرِ

اَنْتَ اِكْسِيْرٌ وَّغَالِى، اَنْتَ مِصْبَاحُ الصُّدُوْرِ

 

Anta syamsun anta badrun, anta nūrun fawqa nūri
Anta iksīruw wa ghālī, anta mishbāhus shudūri

 

Kau bak mentari, kau juga laksana purnama, kau cahaya di atas cahaya
Kau laksana obat segala guna (elixir) lagi mahal, kau adalah lentera hati

يَاحَبِيْبِيْ يَامُحَمَّدْ، يَا عَرُوْسَ الخَافِقَيْنِ

يَا مُؤَيَّدْ يَا مُمَجَّدْ، يَا اِمَامَ القِبْلَتَيْنِ

 

Yā habībi yā Muhammad, yā ‘arūsal khāfiqayni​​​​​​​​​​​​​​
Yā mu’ayyad yā mumajjad, yā imāmal qiblatayni

 

Wahai Kekasih, wahai Muhammad saw, wahai pengantin Timur dan Barat
Wahai Rasul yang diperkuat (oleh wahyu), wahai Nabi yang agung, wahai imam dua kiblat

مَنْ رَآى وَجْهَكَ يَسْعَدْ، يَا كَرِيْمَ الوَالِدَيْنِ

حَوْضُكَ الصَّافِى الْمُبَرَّدْ، وِرْدُنَا يَوْمَ النُّشُوْرِ

 

Man ra’ā wajhaka yas‘ad, yā karīmal wālidayni
​​​​​​​Hawdhukas shāfil mubarrad, wirdunā yawman nusyūri

 

Siapapun yang memandang wajahmu pasti bahagia, wahai manusia yang memiliki orang tua mulia.
Telagamu berair jernih dan sejuk, yang kelak kami datangi pada hari kebangkitan

مَا رَأَيْنَا الْعِيْسَ حَنَّتْ، بِالسُّرَى اِلَّا اِلَيْكَ

وَاْلَغَمَامَةْ قَدْ اَظَلَّتْ، وَالْمَلَا صَلُّوْا عَلَيْكَ

 

Mā ra’aynal ’īsa hannat, bis surā illā ilayka
​​​​​​​Wal ghamāmah qad azhallat, wal malā shallū (shallaw pada sebagian naskah) ‘alayka

 

Belum pernah kami melihat unta peranakan unggul yang bersuara sambil berjalan malam hari, kecuali menuju kepadamu
Gumpalan awan menaungimu, semua makhuk mengucapkan shalawat untukmu.

 

Tentang Makna Berdiri
Posisi berdiri yang dilakukan oleh orang tua dan para guru kita merupakan bentuk akhlak mereka terhadap Rasulullah SAW. Para orang tua kita jelas meneladani akhlak para ulama sebagai pewaris para nabi terhadap rasulnya. Ada baiknya kita telaah uraian Sayid Bakri bin Sayid Muhammad Syatha Ad-Dimyathi dalam Kitab I‘anatut Thalibin sebagai berikut.

 

جرت العادة أن الناس إذا سمعوا ذكر وضعه صلى الله عليه وسلم يقومون تعظيما له صلى الله عليه وسلم وهذا القيام مستحسن لما فيه من تعظيم النبي صلى الله عليه وسلم ، وقد فعل ذلك كثير من علماء الامة الذين يقتدى بهم. قال الحلبي في السيرة فقد حكى بعضهم أن الامام السبكي اجتمع عنده كثير من علماء عصره فأنشد منشده قول الصرصري في مدحه صلى الله عليه وسلم: قليل لمدح المصطفى الخط بالذهب على ورق من خط أحسن من كتب وأن تنهض الاشراف عند سماعه قياما صفوفا أو جثيا على الركب فعند ذلك قام الامام السبكي وجميع من بالمجلس، فحصل أنس كبير في ذلك المجلس وعمل المولد. واجتماع الناس له كذلك مستحسن

 

Artinya: “Sudah menjadi tradisi bahwa ketika mendengar kelahiran Nabi Muhammad SAW disebut-sebut, orang-orang akan berdiri sebagai bentuk penghormatan bagi rasul akhir zaman. Berdiri seperti itu didasarkan pada istihsan (anggapan baik) sebagai bentuk penghormatan bagi Rasulullah SAW. Hal ini dilakukan banyak ulama terkemuka panutan umat Islam.

 

Al-Halabi dalam Sirah-nya mengutip sejumlah ulama yang menceritakan bahwa ketika majelis Imam As-Subki dihadiri para ulama di zamannya, Imam As-Subki membaca syair pujian untuk Rasulullah SAW dengan suara lantang,

 

‘Sedikit pujian untuk Rasulullah SAW oleh tinta emas//di atas mata uang dibanding goresan indah di buku-buku Orang-orang mulia terkemuka bangkit saat mendengar namanya//berdiri berbaris atau bersimpuh di atas lutut’

 

Selesai membaca syair Imam As-Subki berdiri yang kemudian diikuti oleh para ulama yang hadir. Kebahagiaan muncul di majelis tersebut dan maulid Rasulullah SAW diperingati di dalamnya. Pertemuan umat Islam demi kelahiran Rasulullah SAW juga didasarkan pada istihsan."

  

Keterangan di atas berdasarkan penjelasan dari Sayid Bakri bin Sayid Muhammad Syatha Ad-Dimyathi dalam kitab I‘anatut Thalibin juz 3 halaman 414. (I‘anatut Thalibin, Darul Fikr, Beirut, Libanon, tahun 2005 M/1425-1426 H, juz III, hal. 414). Wallahu a’lam.


Keislaman Terbaru