• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Keislaman

Berikut Tiga Amalan di Sepuluh Hari Dzulhijjah

Berikut Tiga Amalan di Sepuluh Hari Dzulhijjah
Sepuluh hari dalam bulan Dzulhijjah memiliki sejumlah keistimewaan (Foto:NOJ/almnsa)
Sepuluh hari dalam bulan Dzulhijjah memiliki sejumlah keistimewaan (Foto:NOJ/almnsa)

Dzulhijjah satu dari empat bulan yang dimuliakan Allah, selain Dzulqa’dah, Muharam, dan Rajab yang di dalamnya terdapat banyak keutamaan dan ada banyak amalan yang disunnahkan pada bulan tersebut.


Di antara amalan yang dianjurkan pada bulan itu adalah ibadah haji bagi yang mampu melakukannya, shalat Idul Adha dan ibadah kurban bagi yang mampu bagi yang tidak mampu kedua perbanyak amal saleh seperti zikir. 


Hal ini sebagaimana dijelaskan Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar. 


واعلم أنه يستحب إكثار من الأذكار في هذا العشر زيادة على غيره ويستحب من ذلك في يوم عرفة أكثر من باقى العشر  


Artinya: Ketahuilah bahwa disunnahkan memperbanyak zikir pada sepuluh awal Dzulhijjah dibanding hari lainnya. Dan di antara sepuluh awal itu memperbanyak zikir pada hari Arafah sangat disunnahkan.


Dalam hadits riwayat Ahmad disebutkan:


مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ فَأَكْثِرُوا فِيهِنَّ مِنْ التَّهْلِيلِ وَالتَّكْبِيرِ وَالتَّحْمِيدِ


Artinya: Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal saleh di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah), karenanya perbanyaklah tahlil, takbir, dan tahmid di dalamnya (HR Ahmad).


Amalan kedua yang sebaiknya dilakukan adalah puasa; Tarwiyah dan Arafah. Sebagaimana yang diriwayatkan Ibnu Abbas Rasulullah Saw pernah bersabda:


صَوْمُ يَوْمِ التَّرْوِيَّةِ كَفَّارَةُ سَنَةٍ وَصَوْمُ يَوْمِ عَرَفَةَ كَفَّارَةُ سَنَتَيْنِ


Artinya : Puasa hari Tarwiyah menghapus dosa setahun dan Puasa ‘Arafah menghapus dosa dua tahun (HR Ibnu Hibban dan Ibnu an-Najjar)


Dalam hadits yang lain:


من صام يوم عرفة غفر له سنة أمامه وسنة خلفه، ومن صام عاشوراء غفر له سنة. رواه الطبراني في الأوسط 


Artinya: Barangsiapa yang berpuasa di hari Arafah, maka dia diampuni (dari dosanya) setahun setelah dan sebelumnya. (sedangkan) barangsiapa yang berpuasa pada hari Asyura, maka ia diampuni (dari dosa) setahun. (HR Thabrani)


Amalan ketiga adalah melakukan Ibadah kurban bagi yang mampu sebagaimana Sabda Rasulullah Saw: 


مَا عَمِلَ آدَمِىٌّ مِنْ عَمَلٍ يَوْمَ النَّحْرِ أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ مِنْ إِهْرَاقِ الدَّمِ إِنَّهَا لَتَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَشْعَارِهَا وَأَظْلاَفِهَا


Artinya: Tidak ada amal manusia yang lebih dicintai oleh Allah di hari kurban daripada mengalirkan darah hewan. Sebab hewan itu akan datang di hari kiamat dengan tanduknya, rambutnya dan kaki-kakinya (HR al-Tirmidzi)


Berdasarkan penjelasan di atas, sangat amalan yang dianjurkan bagi kita ada tiga yakni memperbanyak zikir pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah kedua malakukan puasa tarwiiyah dan arafah ketiga menyembelih hewan kurban atau melakukan amal saleh yang lainnya semoga kita bisa mengamalkan salah satu amalan di bulan  yang istimewa ini.


Keislaman Terbaru