• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Keislaman

Doa Awal Tahun yang Dicontohkan Ulama

Doa Awal Tahun yang Dicontohkan Ulama
Salah satu yang disarankan saat memasuki tahun baru Islam adalah memperbanyak doa. (Foto: NOJ/KLy)
Salah satu yang disarankan saat memasuki tahun baru Islam adalah memperbanyak doa. (Foto: NOJ/KLy)

Sebentar lagi umat Islam akan memasuki tahun baru Hijriyah. Hal tersebut ditandai dengan berakhirnya bulan Dzulhijjah dan memasuki bulan Muharram. Dan yang sangat disarankan saat awal tahun baru Islam tersebut adalah memperbanyak berdoa.


Berikut adalah doa awal tahun yang dibaca dengan harapan Allah menganugerahkan rahmat, lindungan, kesehatan, keharmonisan, keselamatan, kelapangan rezeki. Yang juga penting adalah dipertemukan dengan jodoh, karier yang terus membanggakan, wafat husnul khatimah, dan berbagai kebaikan lain.  


اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ 

 

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm. 


Artinya: Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

 

Artikel diambil dariIni Lafal Doa Awal dan Akhir Tahun

 

Doa ini dibaca sebanyak 3 kali dalam rangka menyambut tahun baru. Dengan doa ini, kita berharap anugerah dan kemurahan Allah untuk kebaikan pada tahun baru ke depan. Dan yang juga sangat penting untuk diperhatikan adalah hendaknya mengisi malam tahun baru tersebut den gan kegiatan yang positif.


Dengan demikian, hindari kegiatan yang menyebabkan kemacetan, menghalangi pengguna jalan, atau arak-arakan yang dikhawatirkan menimbulkan gesekan. Sebaiknya lebih memeriahkan masjid dan mushala, serta memberikan santunan kepada mereka yang layak dibantu. Wallahu a’lam.


Editor:

Keislaman Terbaru