• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Keislaman

Doa Rasulullah agar Hujan Memberikan Manfaat

Doa Rasulullah agar Hujan Memberikan Manfaat
Saat hujan turun, Rasulullah membaca doa berikut agar air yang turun dari langit membawa manfaat. (Foto: NOJ/MNe)
Saat hujan turun, Rasulullah membaca doa berikut agar air yang turun dari langit membawa manfaat. (Foto: NOJ/MNe)

Saat hujan turun, ada sejumlah doa yang hendaknya dibaca sebagaimana diajarkan Rasulullah agar turunnya air dari langit tidak menjadi bencana. Apalagi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan terdapat potensi hujan deras di sebagian besar wilayah Indonesia termasuk beberapa kota besar yang dapat mengalami hujan deras disertai petir. 


Dalam peringatan dini cuaca, BMKG memperingatkan hujan lebat dapat turun di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta dan Jawa Timur.


Doa Rasulullah

Diriwayatkan dalam Shahih al-Bukhâri, saat melihat hujan, Rasulullah Shallallâhu ‘Alaihi Wasallam mengucapkan: 


اللَّهُمَّ صَيِّباً نافِعاً


Artinya: Duhai Allah, turunkanlah pada kami hujan (lebat) yang bermanfaat. 


Beliau membaca doa tersebut hingga dua atau tiga kali. Rasulullah juga berpesan untuk memanfaatkan hujan sebagai momen berdoa karena dalam rentang waktu itu termasuk saat-saat mustajab. 


Di kesempatan berbeda, Nabi bersabda: 


 اطْلُبُوا اسْتِجابَةَ الدّعاءِ عِنْدَ التِقاءِ الجُيُوشِ وَإقَامَةِ الصَّلاةِ وَنُزُولِ الغَيْثِ


Artinya: Burulah manjurnya doa ketika perang berkecamuk, iqamah shalat, dan turunnya hujan. (Lihat: Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir).

 

Artikel diambil dariDoa ketika Turun Hujan


Ikhtiar dengan memperbanyak doa keselamatan saat hujan penting, demikian pula yang tidak kalah dianjurkan adalah menyediakan aneka kebutuhan sebagai antisipasi. Bagi pengendara motor dengan membawa jas hujan, demikian pula pejalan kaki menyiapkan payung.    


Keislaman Terbaru