• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Keislaman

Doa yang Disarankan untuk Jamaah Haji saat Masuk Rumah

Doa yang Disarankan untuk Jamaah Haji saat Masuk Rumah
Berikut doa yang dianjurkan bagi jamaah haji saat masuk rumah. 
Berikut doa yang dianjurkan bagi jamaah haji saat masuk rumah. 

Jamaah haji Tanah Air yang diberikan usia panjang dan kesehatan sehingga bisa merampungkan seluruh rangkaian ibadah haji adalah kurnia agung. Demikian pula bisa bertemu dengan keluarga. Karenanya, sebagai bentuk syukur, ada sejumlah doa yang hendaknya dibaca saat tiba di kediaman.


Imam an-Nawawi dalam karyanya Al-Idhah fi Manasikil Hajj menganjurkan jamaah haji untuk membaca doa yang dilafalkan Rasulullah SAW sebelum memasuki rumahnya dan menemui keluarganya.  


تَوْبًا تَوْبًا، لِرَبِّنَا أَوْبًا، لَا يُغَادِرُ حُوْبًا 


Tauban, tauban, li rabbinâ awban, lâ yughâdiru hûban. 


Artinya: Kami sungguh memohon pertobatan. Kepada Tuhan kami, kami kembali, tobat yang tidak menyisakan dosa. 


Imam an-Nawawi dalam karyanya Al-Idhah fi Manasikil Hajj menguraikan doa pendek tersebut dalam keterangan sebagai berikut:  


قلت توبا توبا سؤال التوبة، أي نسألك توبة كاملة ولا يغادر حوبا أي لا يترك إثما 


Artinya: Bagi saya, kata ‘tauban, tauban’ bermakna permohonan penerimaan tobat, yaitu ‘kami memohon kepada-Mu tobat yang sempurna.’ Kata ‘lâ yughâdiru hûban’ bermakna ‘tidak menyisakan dosa. (Lihat: An-Nawawi, Al-Idhah fi Manasikil Hajj, [Beirut, Darul Fikr: tanpa catatan tahun], halaman: 247-248). 


Doa pendek tersebut sebenarnya umum bagi mereka yang pulang setelah menempuh perjalanan untuk kepentingan apa saja selain perjalanan haji. Tetapi doa pendek ini juga baik diamalkan oleh mereka yang pulang menunaikan ibadah haji. 


 ويستحب أن يقول إذا دخل بيته ما رويناه في كتاب الأذكار عن ابن عباس رضي الله عنهما قال كان النبي صلى الله عليه وسلم إذا رجع من سفره فدخل على أهله قال تَوْبًا تَوْبًا، لِرَبِّنَا أَوْبًا، لَا يُغَادِرُ حُوْبًا


Artinya: Seseorang (jamaah haji) dianjurkan bila hendak memasuki rumahnya berdoa dengan lafal sebagaimana diriwayatkan di kitab Al-Azkar dari Ibnu Abbas RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW ketika pulang dari perjalanan jauh, lalu menemui keluarganya, berdoa: Tauban, tauban, li rabbinâ awban, lâ yughâdiru hûban. (Lihat: An-Nawawi, Al-Idhah fi Manasikil Hajj, [Beirut, Darul Fikr: tanpa catatan tahun], halaman: 247). 

  

Doa pendek ini sebenarnya doa umum atas perjalanan apa saja. Meski demikian, Imam an-Nawawi merekomendasikan jamaah haji untuk membaca doa pendek ini sebelum masuk ke rumah dan menemui semua anggota keluarga serta kerabatnya untuk melepas kerinduan. Wallahu a‘lam.


Editor:

Keislaman Terbaru