• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Keislaman

Keutamaan Bersabar dalam Menghadapi Cobaan

Keutamaan Bersabar dalam Menghadapi Cobaan
Sabar adalah kunci meraih kebahagiaan (Foto:NOJ/teb21)
Sabar adalah kunci meraih kebahagiaan (Foto:NOJ/teb21)

Seluruh manusia tentunya mengakui bahwa dalam hidup, hitam dan putih saling berdampingan, suka dan duka, serta anugerah dan musibah juga selalu hadir bergantian. Tentunya hal ini merupakan rentetan alur kehidupan.


Suka atau tidak, tatkala anugerah musibah itu menghampiri, maka yang perlu diperhatikan adalah melatih kesabaran agar tetap tabah dan berlapang dada dalam menghadapinya. Sebagaimana firman Allah :

 

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّبِرُوْنَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ


Artinya: Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.(Q.S Az-Zumar:10)


Dalam surat Al-Baqarah: 153 juga ditegaskan:


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
 

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.


Lebih dari itu, kesabaran senantiasa dibutuhkan dalam berdakwah, bekerja, belajar, maupun menjalin hubungan dengan orang lain, seperti bersahabat dan menikah.


Sebagai seorang Muslim, kita perlu istiqamah dan sabar dalam meninggalkan larangan Allah serta mengerjakan perintah-Nya. Sehingga, berlatih sabar bisa ditempuh dengan melakukan beberapa hal, di antaranya adalah mendekatkan diri pada-Nya, rajin membaca Al-Qur'an, berpikir positif, menjalankan puasa sunnah, hingga mengingat Allah dengan berdzikir.


Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam shahihnya no. 1469 dan 6470, bahwa Rasulullah SAW bersabda :


وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللّهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللّهُ، وَمَنْ يَصْبِرْ يُصَبِّرُاللّه، وَمَا أُعْطِيَ أَحَدٌ مِنْ عَطَاءٍ خَيْرٌ وَأَوْسَعُ مِنَ الصَّبْرِ

 

Artinya: Barangsiapa menjaga kesucian dirinya, maka Allah akan menjaga kesuciannya, dan barangsiapa mencukupkan dirinya tanpa meminta-minta, maka Allah akan menjadikannya kaya, dan siapa yang berlatih untuk bersabar, Allah akan beri kesabaran, dan tidaklah seseorang diberi pemberian yang lebih baik daripada kesabaran.


Jadi, cara terbaik untuk menghadapi tindakan kasar, perlakuan buruk orang lain, dan cobaan-cobaan dalam hidup adalah dengan bersabar, karena Allah akan memberi pahala besar sebagai imbalannya.


Hal tersebut difirmankan Allah dalam Q.S Al-Qashash ayat 54 :

 

أُوْلَئِكَ يُؤْتَوْنَ أَجْرَهُمْ مَّرَّتَيْنِ بِمَا صَبَرُوا (٥٤)

 

Artinya: Mereka itu diberi pahala dua kali disebabkan kesabaran mereka.

 

Wallahu a'lam


Keislaman Terbaru