• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Keislaman

Sarapan Lupa Membaca Bismillah? Ini Solusinya

Sarapan Lupa Membaca Bismillah? Ini Solusinya
Santri putri sedang makan bersama (Foto: NOJ/nuruljadid.net)
Santri putri sedang makan bersama (Foto: NOJ/nuruljadid.net)

Membaca bismillah ketika akan makan adalah sunnah sebagaimana dicontohkan Rasulullah agar mendapatkan pahala sekaligus nikmat yang telah Allah berikan. Rasulullah bersabda:
 

 يَا غُلاَمُ سَمِّ اللَّهَ ، وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ  فَمَا زَالَتْ تِلْكَ طِعْمَتِى بَعْدُ
 

Artinya: Wahai anak muda, bacalah bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan santaplah makanan yang ada di hadapanmu, seperti itulah cara makan yang kubiasakan (HR. Bukhari: 5376 dan Muslim: 2022)
 

 

Di dalam kitab Fath Al-Bari: 7247, dijelaskan bahwa hadits ini adalah pesan Rasulullah tentang etika makan dengan menggunakan redaksi “ghulam” atau anak muda yang belum baligh; bahwa bila seseorang yang tidak membaca bismillah pada saat makan, maka setan akan menghalalkan makanan tersebut.
 

إِنَّ الشَّيْطَانَ لَيَسْتَحِلُّ الطَّعَامَ الَّذِى لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ 
 

Artinya: Sesungguhnya setan menghalalkan makanan yang tidak disebutkan nama Allah padanya (HR. Abu Daud no 3766 )
 

Persoalannya adalah bagaimana jika lupa membaca bismillah dan teringat di tengah-tengah makan? apalagi jika sedang lapar dan makanan sudah tersaji di depan mata. Biasanya kalau seperti demikian, buru-buru menyantap makanan dan lupa membaca bismillah.
 

 

Imam Nawawi berkata, Jika seseorang meninggalkan membaca “bismillah” di awal karena sengaja, lupa, dipaksa, tidak mampu mengucapkannya karena suatu alasan, lalu ia mengucapkan di tengah-tengah makannya, maka ia dianjurkan mengucapkan Bismillaah awwalahu wa akhirahu (Al-Adzkar, hal. 427, terbitan Dar Ibnu Khuzaimah)
 

Riwayat lain menyebutkan dari Aisyah ra Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
 

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ
 

Artinya: Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah. Jika ia lupa menyebut nama Allah di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaah awwalahu wa akhirahu (dengan menyebut nama Allah di awalan dan akhiran) HR. Abu Daud: 3767 dan At Tirmidzi:1858
 

Dengan demikian, hadits di atas menjadi dalil bahwa ketika seseorang lupa membaca bismillah di awal makan dan baru teringat di tengah-tengah makan, maka ucapkanlah “bismillah awwalahu wa akhirahu” atau “bismillah fii awwalihi wa akhirihi“.


Keislaman Terbaru