• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 25 Februari 2024

Madura

4 Nutrisi Kepiting Bermanfaat bagi Ibu Hamil

4 Nutrisi Kepiting Bermanfaat bagi Ibu Hamil
4 Nutrisi Kepiting Bermanfaat bagi Ibu Hamil. (Foto: Ilustrasi/ Freepik)
4 Nutrisi Kepiting Bermanfaat bagi Ibu Hamil. (Foto: Ilustrasi/ Freepik)

Sumenep, NU Online Jatim

Anggota Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Sumenep, dr H Slamet Riadi mengatakan, kepiting merupakan salah satu jenis seafood atau makanan laut yang banyak mengandung nutrisi. Nutrisi tersebut salah satunya dibutuhkan oleh ibu hamil agar kandungannya sehat.


“Nutrisi pada kepiting tersebut baik pada kehamilan. Jadi, mengkonsumsinya bagus bagi ibu hamil asalkan tidak berlebihan,” ujarnya ujarnya saat dikonfirmasi NU Online Jatim, Rabu (11/01/2023).


Dirinya pun menguraikan 4 jenis nutriisi yang terkandung di dalam kepiting yang bermafaat dan layak dikonsumsi oleh ibu hamil.


1. Protein
Dikatakan, dalam 100 gram daging kepiting, terkandung sekitar 23 gram protein. Selama hamil, Bumil membutuhkan sekitar 70–75 gram protein setiap harinya. Oleh karena itu, mengonsumsi kepiting dapat menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein ibu hamil.


Pada janin, kata dr Slamet, protein berperan dalam membentuk organ dan jaringan tubuh. Sementara pada ibu hamil, protein bermanfaat mempersiapkan tubuh untuk melahirkan bayi, menguatkan daya tahan tubuh, dan menghasilkan Air Susu Ibu (ASI).


"Ketika asupan protein tidak terpenuhi, berat badan ibu dan bayi bisa sulit bertambah, otot-otot terasa lemas, dan mudah terkena infeksi karena lemahnya daya tahan tubuh," terangnya.


2. Omega-3
dr Slamet mengutarakan, kepiting juga diperkaya dengan omega-3. Nutrisi ini berperan dalam mengatur tekanan darah, pembekuan darah, menguatkan daya tahan tubuh ibu, serta membantu pembentukan dan perkembangan otak janin.


Menurutnya, ibu hamil membutuhkan sekitar 1–1,5 gram omega-3 setiap harinya. Dalam seekor kepiting, terkandung sekitar 0,3–0,4 gram omega-3. Itulah sebabnya, mengonsumsi kepiting bisa menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan omega-3.


"Akan tetapi, ibu hamil juga perlu memenuhi omega-3 dari makanan lain atau suplemen, karena mendapatkan asupan omega-3 sepenuhnya dari kepiting berisiko meningkatkan kadar kolesterol dalam darah," imbau Ketua LK Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Gapura ini.


3. Vitamin A
Disampaikan oleh dr Slamet, ibu hamil membutuhkan sekitar 800 mikrogram vitamin A setiap harinya. Asupan vitamin A untuk ibu hamil ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi kepiting karena pada seekor kepiting terkandung sekitar 50 mikrogram vitamin A.


Pada ibu hamil, lanjutnya, vitamin A membantu memperbaiki jaringan organ yang rusak. Sedangkan untuk janin, vitamin A berfungsi mirip seperti protein, yaitu membantu perkembangan organ tubuhnya, termasuk jantung, paru-paru, ginjal, mata, kulit, hingga otak.


"Kekurangan vitamin A selama kehamilan dapat membuat penglihatan bayi setelah dilahirkan menjadi buruk dan daya tahan tubuhnya lemah," ucap pria asal Gapura itu.


4. Vitamin B
dr Slamet menjelaskan, kepiting juga mengandung banyak vitamin B dan folat. Manfaat nutrisi yang terkandung di dalam daging kepiting ini adalah untuk mencegah cacat lahir, menurunkan risiko preeklamsia, dan membentuk sel darah merah yang dibutuhkan lebih banyak oleh ibu hamil.


Selain beberapa nutrisi di atas, daging kepiting juga mengandung banyak kalsium, zinc, zat besi, vitamin D, dan selenium. “Masing-masing nutrisi ini juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan,” pungkasnya.


Madura Terbaru