• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Madura

Cegah Bencana Alam, LPPNU Sumenep Tanam Ratusan Pohon

Cegah Bencana Alam, LPPNU Sumenep Tanam Ratusan Pohon
Anggota Kopri PMII Ganding saat menanam bibit. (Foto: NOJ/ Firdausi).
Anggota Kopri PMII Ganding saat menanam bibit. (Foto: NOJ/ Firdausi).

Sumenep, NU Online Jatim

Pengurus Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Kabupaten Sumenep melakukan penghijauan dengan penanaman pohon di Kecamatan Guluk-Guluk, Kamis (18/03/2021). Kegiatan ini dilakukan supaya bisa menambah resapan air serta mengantisipasi musibah banjir dan tanah longsor.

 

Pelaksanaan kegiatan ini menggandeng Serikat Pemuda Kecamatan Guluk-Guluk (SPKG). Serikat pemuda ini terdiri dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Corps Brigade Pembangunan (CBP), Korp Pelajar Putri (KPP), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Persaudaraan Setia Hati Tarate (PSHT), dan Gerakan Pemuda Bragung (Gabra).

 

Musyfiqurrahman mengatakan, ada 300 bibit yang ditanam dalam kegiatan penghijauan tersebut. Bibit tersebut didapatkan atas kerja sama LPPNU dengan Dinas Kehutanan Sumenep.

 

"Jenisnya sangat beragam. Ada bibit kornis, jati, dan sirsak. Semuanya kami tanam di tiga titik bersama Polsek dan Danramil. Tiga titik tersebut antara lain: Desa Bragung, Ketawang, dan Guluk-Guluk," kata Sekretaris LPPNU Sumenep tesebut.


Menurutnya, penghijauan sangat penting dilakukan di musim penghujan. Karena manfaat dari kegiatan ini adalah bisa menambah resapan air serta mengantisipasi sejak dini musibah banjir dan tanah longsor.


"Selain bermanfaat dari sisi ekologi, penghijauan juga mencegah kerusakan ekosistem. Apalagi di awal tahun, cuaca sulit ditebak, sehingga berimplikasi pada bencana alam," terangnya.

 

Mantan Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Sumenep tersebut mengajak kepada generasi muda untuk peduli pada lingkungan. Supaya kelak di masa tua nanti, generasi tua bisa menghirup udara segar bersama anak cucu.

 

Musyfiq menegaskan, kegiatan ini bagian dari program LPPNU Sumenep yang nantinya akan melakukan hal yang sama di masing-masing kecamatan se-Kabupaten Sumenep.

 

 

"Kali ini merupakan hari pertama kami melakukan gerakan greening. Insyaallah kami akan menyambangi Kecamatan lainnya. Ingat, jangan menunggu kami, mari kita rawat bersama lingkungan kita," pungkasnya.



Editor: Romza


Editor:

Madura Terbaru