Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ansor di Sumenep Salurkan Bantuan untuk Renovasi Mushala

Ansor di Sumenep Salurkan Bantuan untuk Renovasi Mushala
Penyerahan untuk renovasi mushala Al-Hikmah di Dusun Malakah, Desa Jaddung, Selasa (16/3/2021). (Foto: NOJ/ Firdausi).
Penyerahan untuk renovasi mushala Al-Hikmah di Dusun Malakah, Desa Jaddung, Selasa (16/3/2021). (Foto: NOJ/ Firdausi).

Sumenep, NU Online Jatim

Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang didirikan oleh KH Abd Wahab Chasbullah di Surabaya, merupakan Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama yang gerakannya tidak hanya di bidang keagamaan. Melainkan bergerak dalam konteks sosial kemasyarakatan.

 

Seperti halnya pengurus Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor Jaddung, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep yang keberadaannya dirasakan oleh masyarakat. Yakni mendonasikan bantuan tunai untuk renovasi mushala Al-Hikmah di Dusun Malakah, Desa Jaddung, Selasa (16/3/2021).

 

Imam Ghazali mengatakan, kegiatan yang bertajuk sosial ini merupakan kegiatan pertama kalinya yang dilakukan oleh PR GP Ansor yang ada di Kecamatan Pragaan. "Kami sangat mengapresiasi terhadap kegiatan ini. Karena baru kali ini, sahabat Ansor mampu mentasharrufkan bantuan tunai untuk keperluan renovasi mushala, mengingat sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadlan," ujar Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Pragaan tersebut.

 

Di kesempatan yang sama Abd Ghafur mengutarakan bahwa mushalla sering dijadikan tempat pelaksanaan Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor (MDSRA) yang dilaksanakan setiap bulan secara bergantian.

 

"Selain dijadikan tempat ubudiyah dan majelis ta'lim, mushala juga dijadikan tempat untuk mensyiarkan ajaran Islam Ahlusunnah wal Jama’ah an-Nahdliyah, khususnya kepada para pemuda setempat," kata Ketua PR GP Ansor Jaddung.

 

Menurutnya, dana yang sedikit ini bisa membantu renovasi mushala dan menjadi penarik bagi para aghnia dan nahdliyin untuk memberikan bantuan, baik bersifat materi atau pun tenaga serta logistik.

 

"Rp. 883.000 yang diberikan oleh kami didapatkan dari donatur tetap dan gerakan kupon infaq yang sifatnya tidak memaksa. Selembaran kupon infaq tersebut akan diisi nama-nama para almarhumin yang sudah mendahuluinya. Setelah terkumpul, kami mendoakan para almurhumin di setiap pertemuan MDSRA bersama jajaran masyaikh," terangnya.

 

Imam menegaskan, organisasinya bukan milik satu orang, melainkan milik bersama yang melaksanakan seluruh kebijakan NU. Tanpa solidaritas dari semua pengurus, maka kegiatan ini tidak akan berjalan dengan baik.

 

"Buktinya kegiatan malam ini bisa sukses berkat solidaritas dari sahabat-sahabat pengurus. Oleh karenanya, kami berharap kepada pengurus untuk mengistiqamahkan gerakan ini, karena uang tersebut akan digunakan untuk kegiatan sosial lainnya," harapnya.

 

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Jaddung tersebut berharap agar kegiatan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga keberadaan Ansor bisa dirasakan oleh warga.

 

"Semoga bulan depan, dana yang terkumpul lebih banyak lagi, dan kami pakai untuk kepentingan umat," pungkasnya.

 

 

Uang infaq diberikan secara simbolis oleh KH Ahmad Junaidi Mu'arif selaku Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pragaan kepada kepala tukang di momen MDSRA berbasis mushala dan haul muassis di mushala Al-Hikmah.

 

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim