• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Madura

Harlah ke-64, PMII Terus Kedepankan Kepentingan Agama dan Bangsa

Harlah ke-64, PMII Terus Kedepankan Kepentingan Agama dan Bangsa
Agus Salim, Ketua PC PMII Sumenep. (Foto: NOJ/Deki)
Agus Salim, Ketua PC PMII Sumenep. (Foto: NOJ/Deki)

Sumenep, NU Online Jatim

Ketua Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sumenep, Agus Salim mengatakan bahwa selama 64 tahun PMII telah mengalami banyak transformasi mengimbangi tantangan zaman. Dengan akar yang kuat dalam ideologi Islam Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja), PMII telah menjadi garda terdepan dalam menjunjung kepentingan agama dan bangsa. Ia berharap kader PMII tetap konsisten terhadap eksistensinya.

 

"Pada usia PMII yang ke 64 tahun, besar harapan untuk terus memberikan kontribusi bagi bangsa. Sebagai salah satu bagian kecil, PMII Sumenep diharapkan terus memberikan dampak positif bagi kebutuhan masyarakat," ujarnya kepada NU Online Jatim, Rabu (17/04/2024).

 

Menurut mahasiswa Institut Kariman Wirayudha (Inkadha) Gapura Sumenep ini, PMII telah memainkan peran penting dalam sejarah bangsa Indonesia dan terus menunjukkan dedikasinya dalam memperkuat pondasi kebangsaan dan keagamaan. Ia menyebut, telah banyak tokoh-tokoh penting lahir dari kader PMII yang berkontribusi aktif dalam memajukan bangsa.

 

"Sejak PMII lahir sampai saat ini tentunya sudah banyak peran yang diberikan kepada negeri ini baik dalam bidang sosial, politik, ekomomi dan kebudayaan," imbuhnya.

 

Di tengah arus perubahan yang cepat dan kompleks, PMII terus berupaya mengaktualisasikan nilai-nilai dasarnya untuk menjawab tantangan zaman. Nilai-nilai ini mencakup keimanan, keilmuan, dan kemanusiaan yang dijiwai oleh ajaran Islam Aswaja.

 

"PMII terus memperkut sistem kaderisasi di berbagai bidang guna mananamkan nilai-nilai pada setiap kader. Sehingga para kader tetap berada di jalur yang benar, " jelasnya.

 

Kendati demikian, PMII tidak hanya merayakan pencapaian masa lalu tetapi juga mempersiapkan kader-kadernya untuk menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks. Dengan tantangan industri yang semakin kompleks dan telah mengubah paradigma dunia, PMII diharapkan menjadi lebih tanggap dan adaptif terhadap perubahan zaman, terutama dalam era digital yang terus berkembang.

 

"Tantangan zaman yang semakin kompleks, kader PMII harus terus melakukan upaya dalam menjawab era industri dan digital yang terus berkembang sangat pesat," pungkasnya.


Madura Terbaru