• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Juni 2022

Madura

Diluncurkan, Inilah Logo Konfercab IPPNU-IPPNU Kangean

Diluncurkan, Inilah Logo Konfercab IPPNU-IPPNU Kangean
Logo Konfercab IPNU-IPPNU Kangean. (Foto: NOJ/ Iis Aisyatur Rodiyah
Logo Konfercab IPNU-IPPNU Kangean. (Foto: NOJ/ Iis Aisyatur Rodiyah

Sumenep, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kepulauan Kangean meluncurkan logo Konferensi Cabang (Konfercab) IPNU ke-5 dan IPPNU ke-2.

 

Peluncuran dilakukan di Aula Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kangean, Arjasa, Ahad (06/02/2022) lalu. Konfercab yang diirencanakan digelar awal bulan Maret tersebut mengusung tema ‘Kolaborasi Transformasi Pelajar NU Bermartabat’.

 

Ketua PC IPNU Kangean, Ali Fathorrahman menjelaskan, tema tersebut dipilih mengingat pentingnya kader IPNU-IPPNU untuk berkolaborasi dan melakukan tranformasi dalam  segala hal.

 

“Baik dalam hal program, gerakan, atau pun sikap yang dilakukan oleh kader IPNU-IPPNU,” ujarnya beberapa waktu lalu.

 

Ia menambahkan, bahwa pelajar NU harus mampu mengarungi perkembangan zaman dengan transformasi yang matang. Kader IPNU-IPPNU juga diharapkan memiliki jiwa kritis dan mampu menganalisa setiap permasalahan yang berkembang.

 

“Transformasi dan kolaborasi memang sangatlah tepat diaplikasikan guna tercapainya organisasi yang maju di tengah era yang serba dinamis ini,” imbuhnya.

 

Disampaikan, pelajar NU harus mampu berkolaborasi dan melakukan transformasi. Menurutnya, pelajar NU hendaknya tidak hanya jadi penonton dalam jagat media sosial (medsos) saat ini.

 

“Jangan sampai kita hanya menjadi penonton dengan majunya ilmu pengetahuan dan teknologi. Kita hendaknya dapat merespons dan memanfaatkan medsos serta ikut terlibat dalam kolaborasi transformasi tersebut," ungkapnya.

 

Sementara Ketua Panitia Konfercab Moh Hasan Basri menyampaikan, untuk menemukan formulasi dan gagasan bagi kader IPNU-IPPNU memang tidak mudah. Namun bukan berarti tidak bisa dilakukan agar dapat menjadi acuan organisasi.

 

“Makanya, kolaborasi perlu dilakukan guna menemukan formulasi yang cocok demi tercapainya visi dan misi organisasi,” katanya.

 

Ia menambahkan, syarat utama dalam kolaborasi adalah kesadaran untuk meyakini bahwa setiap kader merupakan entitas yang wajib bekerja bersama untuk satu tujuan organisasi.

 

“Setiap kader harus saling berkontribusi dan kerja sama untuk menemukan titik tengah dari solusi yang diinginkan," tandasnya.

 

Makna Logo

Secara rinci, logo Konfercab tersebut memiliki makna tersendiri setiap jenisnya, yaitu:

1. Lima bintang maknanya ialah bertakwa dan meyakini 5 rukun dalam Islam

2. Tugu merupakan simbol atau ikon Pulau Kangen yang letaknya di alun-alun Arjasa

3. Angka 5 melambangkan Konfercab PC IPNU Kangean ke-5

4. Angka 2 melambangkan Konfercab PC IPPNU Kangean ke-2

5. Warna gradasi hijau melambangkan kebersamaan, sedangkan merah melambangkan semangat yang kuat dan tajam

6. Angka 52 membentuk ujung panah melambangkan untuk berjuang

7. Tameng melambangkan kekuatan yang seimbang antara IPNU dan IPPNU

8. Buku melambangkan semangat belajar


Madura Terbaru