• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Madura

Inovatif, LPNU di Sumenep Luncurkan Aplikasi Jual Beli

Inovatif, LPNU di Sumenep Luncurkan Aplikasi Jual Beli
Sekretaris PCNU Sumenep, Kiai Zainul Hasan saat sambutan di acara peluncuran Niagari dan Rumah Niaga oleh LPNU Gapura, Sumenep. (Foto: NOJ/ Abbas)
Sekretaris PCNU Sumenep, Kiai Zainul Hasan saat sambutan di acara peluncuran Niagari dan Rumah Niaga oleh LPNU Gapura, Sumenep. (Foto: NOJ/ Abbas)

Sumenep, NU Online Jatim

Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Gapura, Kabupaten Sumenep meresmikan aplikasi marketplace Niagari dan Rumah Niaga, Kamis (28/10). Peluncuran aplikasi ini dilaksanakan di aula Aswaja MWCNU setempat. 

 

Aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store itu menjadi angin segar bagi kebangkitan ekonomi rakyat di tengah gempuran dan jajahan produk luar yang banyak tersedia di berbagai lini kehidupan. Hal tersebut ditegaskan Kiai Zainul Hasan, Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep saat menyampaikan sambutan. 

 

"Di tengah gempuran kapitalisme yang mencekik masyarakat, Niagari justru hadir melakukan pembelaan. Dengan gerakan pemberdayaan ekonomi kerakyatan, Niagari dan Rumah Niaga merupakan gerakan riil untuk bangkit dari keterjajahan produk luar. Tentu dengan mengangkat ekonomi kerakyatan," ujarnya. 

 

Sejak awal MWCNU Gapura selalu ambil peran dalam pengembangan ekonomi. Mulai dari mendirikan Baitul Maal Wa at-Tamwil (BMT) Nuansa Umat yang saat ini sudah sampai di level Jawa Timur. Dan saat ini hadirnya Niagari untuk melakukan pembelaan terhadap masyarakat dalam pengembangan ekonomi pula. 

 

"Terus terang kami sangat salut gerakan ekonomi yang dilakukan NU Gapura. Dimulai dari BMT NU, sampai sekarang ada Niagari. Di tengah kuatnya pengaruh kapitalisme, LPNU hadir dengan Niagari-nya dengan mempromosikan produk-produk lokal," imbuhnya.  

 

Ketua MWCNU Gapura, Kiai Moh Alwi menyampaikan terima kasih atas upaya yang dilakukan LPNU untuk menjawab tantangan perkembangan zaman. Menurutnya, manfaat keberadaan Niagari nantinya akan dirasakan oleh generasi penerus di masa mendatang. 

 

"Saya pribadi sudah ketinggalan. Tetapi kita harus siap memberikan solusi dan akses untuk anak-anak kita. Agar nanti manfaatnya dirasakan oleh masyarakat," ungkapnya. 

 

Ia pun berharap, ke depan Niagari terus menjalin kerja sama dengan beberapa elemen. Sebab menurutnya, dengan dukungan dari pihak lain akan lebih memaksimalkan peran dalam mengangkat ekonomi kerakyatan. 

 

"Sekali lagi terima kasih kepada LPNU semoga peresmian ini diridhai oleh Allah SWT," tandasnya. 

 

Sebagai pihak perantara yang mengakomodasi penjual dan pembeli di dunia maya, Niagari berkomitmen untuk mengangkat produk lokal agar pemasarannya lebih luas. Terbukti beberapa produk sudah terjual ke berbagai daerah di luar Madura.

 

Karena itu, Muhammad Luthfi, Sekretaris LPNU MWCNU Gapura bertekad akan menfokuskan pemasaran untuk produk-produk lokal. Dirinya pun meyakini, apa yang ia lakukan bersama tim lainnya mampu memerangi jajahan ekonomi dari pihak luar. 

 

"Mudah-mudahan dengan adanya Niagari, kita mampu memberikan kekuatan ekonomi di tengah-tengah kehidupan masyarakat," tegasnya. 

 

Sejauh ini, pengguna aplikasi Niagari sudah mencapai 100 orang. Didominasi oleh pelajar NU. "Karena memang mereka, generasi Z yang akan menikmati manfaat aplikasi ini di masa depan," terangnya.

 

Sebanyak 57 produk lokal sudah tersedia. Mulai dari makanan, ramuan herbal kesehatan, hingga kebutuhan pokok lainnya. Untuk memudahkan transaksi, ia meminta kepada seluruh Nahdliyin mengunduh aplikasi Niagari di Google Play Store

 

"Silahkan pesan melalui Niagari, semua produk ada yang sudah ready, ada pula yang Pree Order (PO)," pungkasnya. 

 

 

Hadir dalam acara peluncuran Marketplace Niagari dan Rumah Niaga, Wakil Ketua PCNU Sumenep, Kiai A Dardiri Zubairi, Sekretaris PCNU Sumenep, Kiai Zainul Hasan, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Kiai Qumri Rahman, Rais MWCNU Gapura, Kiai Murtadi Fadlail, Ketua MWCNU Gapura, Kiai Moh. Alwi, perwakilan lembaga dan pimpinan badan otonom (banom) setempat. 

 

Proses peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Sekretaris PCNU Sumenep, didampingi jajaran Syuriah dan Tanfidziyah MWCNU Gapura. 

 

Penulis: Ibnu Abbas


Editor:

Madura Terbaru