• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 30 Januari 2023

Madura

IPNU-IPPNU Sampang Diminta Adaptif Hadapi Gerak Zaman

IPNU-IPPNU Sampang Diminta Adaptif Hadapi Gerak Zaman
Ketua PW IPNU Jawa Timur M Fakhrul Irfan Syah meminta kader IPNU-IPPNU Sampang adaptif terhadap gerak zaman. (Foto: NOJ/ Fahromi Nashihuddin)
Ketua PW IPNU Jawa Timur M Fakhrul Irfan Syah meminta kader IPNU-IPPNU Sampang adaptif terhadap gerak zaman. (Foto: NOJ/ Fahromi Nashihuddin)

Sampang, NU Online Jatim

Konferensi Cabang (Konfercab) ke XV-XIV Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Sampang dilaksanakan di Pondok Pesantren Assirojiyyah Kajuk Sampang, Sabtu-Ahad (29-30/01/2022).

 

Dalam kesempatan itu, Ketua PW IPNU Jawa Timur M Fakhrul Irfan Syah menyampaikan bahwa Konfercab ke XV-XIV PC IPNU-IPPNU Sampang bertepatan dengan momentum menyongsong satu abad Nahdlatul Ulama.

 

Menurutnya, seiring bergantinya abad tentu tantangan yang harus dihadapi juga berbeda. Maka, gerakan IPNU-IPPNU secara keterpelajaran juga harus berbeda, yakni hendaknya lebih adaptif terhadap perubahan dan harus memaksimalkan teknologi.

 

"Karena ketika kita tidak menyamai apa itu perubahan, maka kita akan tertinggal dan mati,” ujarnya.

 

Dirinya pun menekankan, agar Ketua IPNU-IPPNU terpilih nantinya diharapkan bersikap terbuka, serta memaksimalkan kolaborasi, spiritualitas, kreatifitas, dan inovasi. 

 

“Sedang untuk (pengurus) yang purna, semangat dan sukses, semoga pengabdiannya husnul khatimah," ungkapnya.

 

Sementara Ketua PC IPNU Kabupaten Sampang, Farisi menyampaikan bahwa Konfercab merupakan amanat organisasi yang digelar dengan harapan bisa melahirkan kader-kader IPNU-IPPNU yang inovatif, militan, dan memiliki intelektual tinggi.

 

Menurutnya, Konfercab yang mengusung tema 'Menapak Jejak Membentuk Watak Menyongsong Era Baru An-nahdliyah Ats-Tsaniyah' ini memiliki makna untuk mendorong kader guna memaksimalkan proses kaderisasi secara masif.

 

"Agar bagaimana pemahaman NU dan proses kaderisasi bisa sampai ke tingkat sekolah dan pondok pesantren. Sehingga para generasi muda bisa mengenal NU dan tidak salah jalan," paparnya.

 

Disebutkan, bahwa rangkaian kegiatan Konfercab meliputi seremonial pembukaan, penganugerahan IPNU-IPPNU Awards, seminar penetapan undang-undang organisasi, dan terakhir sidang pleno pemilihan.

 

"Saya harap ke depannya IPNU-IPPNU bisa terus menghasilkan kader-kader muda yang inovatif, berintelektual, dan militan untuk mengabdi kepada Nahdlatul Ulama," tandasnya.

  

Hadir dalam kegiatan tersebut Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sampang KH Syafiuddin Abdul Wahid, Ketua PCNU Sampang KH Moh Itqan Bushiri, Ketua Lembaga dan Banom NU, serta kader IPNU-IPPNU se-Kabupaten Sampang.


Madura Terbaru