• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Madura

LFNU Kokop Bangkalan Sosialisasi Pengukuran Arah Kiblat

LFNU Kokop Bangkalan Sosialisasi Pengukuran Arah Kiblat
Proses sosialisasi pengukuran arah kiblat oleh LFNU Kokop, Bangkalan. (Foto: NOJ/ Sa'dullah)
Proses sosialisasi pengukuran arah kiblat oleh LFNU Kokop, Bangkalan. (Foto: NOJ/ Sa'dullah)

Bangkalan, NU Online Jatim
Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Kokop melaksanakan sosialisasi Rosdul Kiblat atau pengukuran arah kiblat. Acara itu dipusatkan di Kantor MWCNU Kokop, Dusun Sumber Sempor, Desa Dupok, Kokop, Bangkalan, Sabtu (28/05/2022).


Sekretaris LFNU Kokop, Yahya Farhani menyampaikan, peserta begitu antusias mengikuti sosialisasi karena bisa melihat langsung praktik dalam menentukan arah kiblat.


"Pelaksanaan sosialisasi Rosdul Kiblat ini tidak hanya disampaikan secara teori saja, akan tetapi sekaligus dengan praktiknya. Alhamdulillah, pelaksanaan sosialisasi ini berlangsung dengan semangat dan peserta sangat antusias," kata Yahya.


Ia mengatakan, adanya sosialisasi ini dikarenakan tidak banyak orang yang paham cara menentukan arah kiblat dengan bayangan sehingga memilih menggunakan kompas.


"Diadakannya Rosdul Kiblat ini terdapat beberapa factor, di antaranya minimnya orang yang paham cara mengukur kiblat dengan bayangan. Pada umumnya, orang mengukur kiblat dengan kompas, padahal akurasi kompas terbilang masih rendah," jelasnya.


Rencananya kegiatan ini akan terus dilaksanakan dengan rutin secara berkala agar masyarakat mengerti dan paham cara mengukur kiblat menggunakan metode bayangan. ia juga mengatakan siap membantu masyarakat mengukur arah kiblat dengan akurat.


"LFNU Kokop siap turun membantu mengukur kiblat untuk masyarakat yang ingin membangun mushala ataupun masjid," tandas Yahya.


Diketahui, acara sosialisasi pengukuran arah kiblat tersebut diikuti oleh pengurus MWCNU, lembaga, dan banom NU Kokop, Bangkalan.


Madura Terbaru