• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Madura

Semangat Pelajar NU di Bangkalan Cetak Kader Jurnalis

Semangat Pelajar NU di Bangkalan Cetak Kader Jurnalis
Kader IPNU-IPPNU Kokop, Bangkalan saat mengikuti Pesantren Jurnalis. (Foto: NOJ/ Sa'dullah)
Kader IPNU-IPPNU Kokop, Bangkalan saat mengikuti Pesantren Jurnalis. (Foto: NOJ/ Sa'dullah)

Bangkalan, NU Online Jatim
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Kokop, Bangkalan mengadakan Pesantren Jurnalis. Kegiatan bertajuk “Membangun Literasi Pelajar NU Kokop di Era Digitalisasi” itu dipusatkan di Pondok Pesantren Darul Hikmah, Desa Durjan, Kecamatan Kokop, Bangkalan, Sabtu-Ahad (21-22/05/2022).


Ketua PAC IPNU Kokop, Khoirul Umam mengatakan bahwa Pelajar NU harus berperan aktif  dalam bidang jurnalis. Hal tersebut menurutnya selaras dengan tema kegiatan agar Pelajar NU mampu berperan aktif dalam bidang jurnalis ataupun kepenulisan di era digital saat ini.


“Kita perlu memberikan manfaat terhadap orang di luar IPNU-IPPNU dengan memanfaatkan media digital, yakni dengan cara memberitakan kegiatan yang telah dilaksanakan,” katanya, Ahad (22/05/2022).


Ia menambahkan, dengan adanya pesantren jurnalis diharapkan Pelajar NU memiliki jiwa literasi yang kemudian mahir dalam membaca dan juga menulis. Selain itu, pelajar NU juga harus mampu menyajikan informasi positif dan tidak hanya jadi pembaca.


Sementara itu, Wakil Ketua Kaderisasi PAC IPNU Kokop, Moh Ruji mengatakan faktor lain yang mendorong untuk mengadakan kegiatan ini adalah karena kurangnya tokoh-tokoh penulis di Kecamatan Kokop, sehingga membuat daerah tersebut kurang terpublikasi ke khalayak.


“Kurangnya pengelolaan berita menyebabkan tempat ini mengalami ketertinggalan dan kurangnya pengawasan dari pemerintah setempat,” kata Ruji.


Kegiatan yang diikuti oleh Pimpinan Ranting (PR) dan Pimpinan Komisariat (PK) IPNU-IPPNU se-Kecamatan Kokop ini diisi materi dasar kepenulisan berita serta teknik penggalian data. Tidak hanya itu, peserta juga diarahkan untuk praktik wawancara secara langsung guna memaksimalkan pengetahuan yang diperoleh.


“Dengan diadakannya pesantren jurnalis ini, PAC IPNU-IPPNU Kokop diharapkan dapat mencetak kader-kader penulis yang produktif,” pungkasnya.


Madura Terbaru