• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Madura

Aksi Ciamik Peserta Lomba Puisi oleh Lesbumi di Bangkalan

Aksi Ciamik Peserta Lomba Puisi oleh Lesbumi di Bangkalan
Salah satu peserta lomba puisi oleh Lesbumi Galis, Bangkalan, menunjukkan aksinya bersyair. (Foto: NOJ/Sa'dullah)
Salah satu peserta lomba puisi oleh Lesbumi Galis, Bangkalan, menunjukkan aksinya bersyair. (Foto: NOJ/Sa'dullah)

Bangkalan, NU Online Jatim

Pengurus Anak Cabang Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia Nahdlatul Ulama (Lesbumi NU) Galis, Kabupaten Bangkalan, Madura, menggelar lomba puisi tingkat SLTP se-Madura di Aula Pondok Pesantren Al-Ibrohimy Galis pada Ahad (06/03/2022). Para peserta pun menunjukkan kebolehannya dalam bersyair dengan gaya yang ciamik.


"Temanya kami mengambil dari kreativitas Nahdlatul Ulama. Selama ini, Nahdlatul Ulama di MWC NU Galis ini seninya itu saya katakan belum muncul. Pada tahun 2021 kami dibentuk, alhamdulillah MWCNU Galis telah mendirikan Lesbumi. Target kami satu, yaitu memajukan para seniman-seniman yang kecil khususnya di Madura dalam naungan Nahdlatul Ulama," kata Ajis Sabara, Wakil Ketua Lesbumi Galis.​​​​​​​


Ajis menambahkan, lembaganya sengaja mengambil lomba baca puisi dikarenakan antusiasme peserta pada lomba di bidang tersebut begitu besar sehingga perlu diakomodir oleh Lesbumi. Selain puisi, juga ada lomba pantomin dan kesenian lainnya.


“Kami menitikberatkan kepada target kami yang pertama adalah peserta yang insyaallah banyak, alhamdulillah kami betul-betul memilih lomba cabang puisi," jelasnya.


Total peserta lomba puisi ini sebanyak 200 orang dari empat kabupaten di Madura. Mereka diminta mengirimkan video membacakan puisi kemudian diseleksi dan diambil 20 besar. Mereka yang lulus seleksi kemudian diseleksi lagi di puncak lomba di Pondok Pesantren Al-Ibrohimy.


Sementara itu, Mujib, Sekretaris Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Galis, mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia bersyukur Lesbumi Galis bisa menampung bakat para siswa dalam bidang sastra.


"Alhamdulillah Lesbumi MWCNU Galis bisa melaksanakan lomba puisi tingkat SMP, tidak di tingkat kabupaten tapi ini dilaksanakan se-Madura. Alhamdulillah Lesbumi ini sudah memberi peluang bagi siswa dan siswi yang berpotensi untuk bakatnya sebagai puitisasi," ungkap Mujib.


Madura Terbaru