• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 13 Agustus 2022

Madura

Pawai Lampion Meriahkan Malam Nuzulul Qur’an di Bangkalan

Pawai Lampion Meriahkan Malam Nuzulul Qur’an di Bangkalan
Rumah Tahfidz Qur'an Junior Al-Ibrahimy Sumurringin merayakan nuzulul Qur'an dengan pawai lampion. (Foto: NOJ/LFi)
Rumah Tahfidz Qur'an Junior Al-Ibrahimy Sumurringin merayakan nuzulul Qur'an dengan pawai lampion. (Foto: NOJ/LFi)

Bangkalan, NU Online Jatim

Peringatan Nuzulul Qur’an atau turunnya Al-Qur’an digelar di sejumlah tempat. Acara di masing-masing lokasi juga beragam, dari mulai ceramah dan lainnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat memiliki perhatian terhadap turunnya kalam ilahi tersebut.


Di Bangkalan, Rumah Tahfidz Qur'an Junior Al-Ibrahimy Sumurringin Konang, merayakannya dengan menggelar pawai lampion. Tidak semata dalam rangka memperingati malam Nuzulul Qur'an, juga sebagai haul sahabat Nabi Muhammad yang gugur saat perang Badar. 


"Kami sangat mengapresiasi acara ini, bahkan berharap kegiatan serupa dapat dijadikan acara rutin tahunan,” kata Affandi, Sekretaris Kecamatan atau Sekcam Konang saat sambutan, Rabu (20/04/2022).


Disampaikan Affandi bahwa banyak manfaat yang dapat diraih dari kegiatan seperti ini. Salah satunya adalah semakin merangsang keinginan khususnya anak-anak untuk terus menghafal Al-Qur’an.


"Kami ingin dengan acara ini, adik-adik makin semangat untuk menghafal Al-Qur'an. Karena dengan semakin banyak yang menghafal, maka kiai banyak pula generasi terbaik yang akan menjadi harapan kita semua,” ungkapnya.


Dalam pandangannya, generasi muda saat ini harus terus didorong untuk melakukan hal-hal positif dalam keseharian, apalagi selama bulan Ramadhan. Dirinya justru menyayangkan kalau generasi muda malah menghabiskan waktu dengan hal yang merugikan.


Pantauan di lokasi, kegiatan berlangsung sangat meriah dan mendapat respons positif dari khalayak luas. Apalagi pawai lampion dilepas oleh Sekcam Konang didampingi Kepala Polsek Konang dan perwakilan Koramil.


Sebelum peserta pawai dilepas, acara dibuka terlebih dahulu oleh Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ibrahimy, KH Ali Wahdin Ibrohim. Peserta kegiatan yang cukup menyita perhatian warga ini diikuti sejumlah unsur dari mulai santri, wali santri dan dewan pengajar RTQ Al-Ibrahimy. 


Madura Terbaru