• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 23 Februari 2024

Madura

Sekretaris RMINU Sumenep Paparkan Upaya Cegah Kenakalan Anak dan Remaja

Sekretaris RMINU Sumenep Paparkan Upaya Cegah Kenakalan Anak dan Remaja
Kiai Zamzami Sabiq Hamid saat menjelaskan materi kepada peserta. (Foto: NOJ/ Firdausi)
Kiai Zamzami Sabiq Hamid saat menjelaskan materi kepada peserta. (Foto: NOJ/ Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sumenep menggelar pelatihan pencegahan kenakalan anak dan remaja, Kamis (30/9/2021) di ruang pertemuan Sekretariat Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

 

Dalam kesempatan itu, Kiai Zamzami Sabiq Hamid Sekretaris Rabithah Ma'ahid Al-Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Sumenep mengungkapkan berbagai upaya untuk mencegah kenakalan remaja dan anak.

 

Kurang lebih 25 organisasi wanita yang mendelegasikan pengurusnya. Hadir dalam acara tersebut 60 orang peserta yang datang dari seluruh pengurus organisasi wanita se-Kabupaten Sumenep.

 

Ada 3 pemateri yang membahas kenakalan anak dan remaja dari Perspektif berbeda. Pertama Asnan, anggota Binmas Polres Sumenep yang membahas dari perspektif hukum. Kedua, KH Imam Hendriyadi, selaku Wakil Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep yang membahas  dari perspektif agama. Ketiga, Kiai Zamzami Sabiq Hamid yang membahas dari perspektif Psikologi.

 

Kiai Zamzami sapaannya menyatakan, faktor penyebab terjadinya kenakalan anak dan remaja karena faktor internal, seperti krisis identitas dan lemahnya kontrol diri. Faktor eksternal, yakni kurangnya kasih sayang orang tua, pengaruh teman sebaya, pengaruh lingkungan, kurangnya dan pemahaman agama.

 

“Untuk itu perlu ada sinergi semua pihak dalam mencegah kenakalan anak dan remaja. Peran ayah dan ibu dalam pola asuh anak juga sangat besar untuk pencegahan kenakalan anak dan remaja,” pinta Sekretaris RMINU Sumenep itu.

 

Kemudian dirinya mengajak agar orang tua membangun hubungan emosional yang baik dengan anak agar orang tua bisa mengendalikan dan mengetahui perasaan anak.

 

 

“Berikan wawasan kepada mereka, terutama yang mengarah pada hal-hal yang bersifat psikologis. Buatlah aturan ketika di rumah agar anak terikat dan mudah diawasi oleh kita,” tandas Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Cabang Sumenep tersebut.


Editor:

Madura Terbaru