• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 25 Januari 2022

Malang Raya

Bangun Semangat Literasi, Pelajar NU Kota Batu Gelar Webinar

Bangun Semangat Literasi, Pelajar NU Kota Batu Gelar Webinar
Penyerahan cinderamata kepada narasumber Webinar Literasi PC IPNU-IPPNU Kota Batu. (Fot: NOJ/Bellgis Avrianzah).
Penyerahan cinderamata kepada narasumber Webinar Literasi PC IPNU-IPPNU Kota Batu. (Fot: NOJ/Bellgis Avrianzah).

Batu, NU Online Jatim

Kampanye literasi terus digaungkan hingga kini. Bahkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah meluncurkan program literasi digital yang kegiatannya berlangsung masif di sejumlah daerah.

 

Menyikapi hal tersebut, satuan tugas (satgas) literasi Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Batu menyelenggarakan webinar literasi, Ahad (08/08/2021). Acara yang mengusung tema ‘Literasi untuk Mengabdi’ ini digelar virtual via Zoom Meeting.

 

Ketua PC IPNU Kota Batu, Adi Yusuf mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangun sinergitas dalam berliterasi bersama bagi pelajar NU se-Kota Batu. Momentum tersebut bagi pihaknya jadi kesempatan untuk menjalin kedekatan dengan pelajar lain agar semangat berliterasi.

 

“Satgas literasi yang telah terbentuk nantinya akan turun langsung ke kepengurusan di semua tingkatan, serta sekolah dan pondok pesantren," kata Adi Yusuf.

 

Mahasiswa pascasarjana di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim  Malang ini menerangkan, bahwa ada dua program unggulan dari Satgas Literasi Pelajar NU Kota Batu.

 

"Dua program unggulan ialah adalah gerakan satu kader satu buku dan satu desa satu Taman Baca Masyarakat (TBM). Kami juga akan mengadakan kelas menulis setiap bulan," paparnya.

 

Dijelaskan, bahwa webinar ini merupakan pembukaan dari rangkaian Gebyar Literasi yang diadakan sejak tanggal 8-28 Agustus 2021.

 

"Setelah webinar literasi ini masih ada peluncuran buku ketiga dari Pelajar NU Kota Batu yang berjudul 'Coming Soon', dan disusul bedah buku," jelas Adi Yusuf.

 

 

Untuk diketahui, webinar ini didukung oleh sejumlah pihak, di antaranya Dinas Perpustakaan Kota Batu, Komunitas Literasi se-Malang Raya, dan organisasi lain yang bergerak di bidang literasi pendidikan.

 

Penulis: Zaiyana Nur A

Editor: A Habiburrahman


Malang Raya Terbaru