• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Malang Raya

Baru Dikukuhkan, LTMNU Kota Malang Tancap Gas Luncurkan Aplikasi Sajada

Baru Dikukuhkan, LTMNU Kota Malang Tancap Gas Luncurkan Aplikasi Sajada
Aplikasi Sajada. (Foto: NOJ/Ari Iswahyudi)
Aplikasi Sajada. (Foto: NOJ/Ari Iswahyudi)

Malang, NU Online Jatim 

Pengukuhan lima lembaga dalam naungan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang diwarnai dengan peluncuran aplikasi Sajada dari PC Lembaga Ta'mir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kota Malang di Gedung A 20, Lantai 9, Universitas Negeri Malang, Sabtu (24/09/2022).

 

Ketua PCNU Kota Malang, Dr KH Isroqunnajah menyampaikan bahwa pihaknya mengapresiasi LTMNU Kota Malang yang telah berhasil meluncurkan inovasi kekinian agar anak-anak tidak jauh dari masjid.

 

"Di antaranya itu adanya aplikasi Sajada. Ini sangat inovatif sekali, namun sesungguhnya lebih intens jika anak-anak diberikan ruang untuk kembali beraktivitas di masjid," katanya.

 

Sementara itu, Ketua PC LTMNU Kota Malang, Prof Dr Ahmad Taufiq menyampaikan bahwa ada beberapa program unggulan dari LTMNU Kota Malang seperti halnya digitalisasi masjid melalui aplikasi Sajada.

 

"Aplikasi ini berisi tentang program masjid, ngaji Al-Qur'an, data masjid di Kota Malang, data khotib, materi khutbah, dan lain sebagainya," terangnya.

 

Ia juga menjelaskan bahwa aplikasi Sajada ini merupakan bentuk dukungan untuk mendata masjid yang penting dimiliki oleh khalayak umum saat ini.

 

"Semoga aplikasi Sajada ini bisa bermanfaat dan bisa berkembang. Kita mulai dari Kota Malang yang kemudian diharapkan bisa berdampak pada masyarakat sekitar bahkan nasional," jelasnya.

 

Prof Taufiq juga menambahkan bahwa data masjid di Kota Malang berkisar antara 600 hingga 800 masjid, tetapi masih akan terus dilakukan pendataan.

 

"Masih kita petakan. Akan terus kita update bersama MWCNU agar datanya akurat dan tepat," terabgnya.

 

Dari pantauan NU Online Jatim, aplikasi Sajada belum bisa diakses di Playstore. Ketua LTMNU Kota Malang juga mengamini hal tersebut, karena masih adanya pembenahan.

 

"Secepatnya akan kita buka di playstore, karena masih ada beberapa masukan dari Kiai Chamzawi Rais Syuriyah PCNU Kota Malang dan lainnya. Semoga dalam waktu dekat bisa diakses masyarakat, perkiraan bulan maulid di tahun ini," tutupnya.


Malang Raya Terbaru