• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Malang Raya

Jelang Arus Mudik, Kapolda Jatim Soroti Ruas Tol Ngawi dan Objek Wisata Batu

Jelang Arus Mudik, Kapolda Jatim Soroti Ruas Tol Ngawi dan Objek Wisata Batu
Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Imam Sugianto. (Foto: NOJ/Rizki)
Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Imam Sugianto. (Foto: NOJ/Rizki)

Malang, NU Online Jatim 

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Imam Sugianto menyampaikan bahwa pihaknya akan menggelar Operasi Ketupat Semeru 2024 selama 13 hari terhitung mulai tanggal 4 April hingga 16 April 2024.

 

"2 hari lagi kita akan menggelar Operasi Ketupat Semeru 2024. Mudah-mudahan itu menjadi fokus pekerjaan kita untuk minggu-minggu ke depan, mengawal dan mengamankan masyarakat kita yang mudik lebaran bersama keluarganya," kata Irjen Pol Imam Sugianto seusai meresmikan 3 Gedung Operasional Polresta Malang Kota, Selasa (02/04/2024).

 

Pihaknya juga telah melakukan pemetaan sejumlah titik rawan menjelang arus mudik dan arus balik lebaran 2024. Sejumlah ruas tol dan beberapa daerah wisata menjadi salah satu titik yang menjadi atensi khusus.

 

"Kita sudah petakan kerawanan-kerawanan. Alhamdulillah, Jawa Timur tidak menjadi perhatian yang prioritas karena jalurnya semuanya oke, hanya satu di Tol Ngawi itu KM 49 kalau tidak salah sering terjadi kecelakaan," tambahnya.

 

Imam juga menjelaskan bahwa telah mengambil langkah untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Nantinya ia akan menaruh petugas di ruas tol tersebut.

 

"Saudara-saudara kita yang dari arah barat sudah masuk titik lelah di situ, karena menganggap Surabaya itu sudah dekat, lalu gaspol. Jadi, besok akan dipaksa masuk rest area berhenti 5 menit, lalu boleh melanjutkan perjalanan ke arah timur," jelasnya.

 

Kemudian, lanjut Imam, setelah itu titik rawan yang perlu kita waspadai yakni tempat-tempat rekreasi, termasuk Batu.

 

"Terutama Batu. Itu menjadi prioritas kita, masyarakat liburan setelah lebaran. Mudah-mudahan bisa menikmati liburan dengan nyaman dan aman," terangnya.

 

Diperkirakan ada kurang lebih 34 juta masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran dan menuju wilayah Jawa Timur. Selain itu, diperkirakan ada 31 juta masyarakat yang melakukan mudik antar kabupaten kota.

 

"Kami siapkan kurang lebih 16 ribu personel gabungan untuk mengamankan arus mudik. Mudiknya bisa dinikmati dengan bahagia, kepolisian menjamin perjalanan masyarakat diberikan pengawalan yang terbaik," tandasnya.


Malang Raya Terbaru