• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 22 April 2024

Metropolis

Sesuai Aspirasi PWNU, Kapolda Jatim Dimutasi

Sesuai Aspirasi PWNU, Kapolda Jatim Dimutasi
 Irjen Nico Afinta saat di Malang beberapa waktu lalu. Foto: Antara
 Irjen Nico Afinta saat di Malang beberapa waktu lalu. Foto: Antara

Surabaya, NU Online Jatim

Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta akhirnya dicopot dari jabatannya. Kini, Nico dimutasi menjadi Staf Ahli (Sahli) Sosbud Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.


Pencopotan Nico dari jabatannya ini sesuai dengan aspirasi Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim beberapa waktu. Aspirasi tersebut muncul menyikapi tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada Sabtu (01/10/2022) lalu.


Adapun mutasi ini tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/2134/X/KEP/2022. "Ya, betul mas tour of duty n tour area, mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dikutip dari CNNIndonesia.com, Senin (10/10/2022).


Sementara jabatan Kapolda Jatim kini dijabat oleh Irjen Teddy Minahasa Putra. Sebelumnya, Teddy menjabat Kapolda Sumatera Barat.


Untuk Kapolda Sumbar bakal diisi oleh Irjen Rusdi Hartono. Sebelumnya, Rusdi menjabat Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.


Seperti diketahui, Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam meminta Kapolri Jenderal Listiyo Sigit juga harus tegas menyikapi tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang.


"Kapolri wajib mencopot Kapolda Jatim dan Kapolres Malang, itu sebagai bentuk pertanggungjawaban pimpinan," tegas Gus Salam pada Ahad (02/10/2022) lalu.


Editor:

Metropolis Terbaru