• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Malang Raya

Lakpesdam NU Malang Gelar Pelatihan Penjaminan Mutu Madrasah

Lakpesdam NU Malang Gelar Pelatihan Penjaminan Mutu Madrasah
Lakpesdam NU Kabupaten Malang saat upgrading peningkatan tata kelola. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki).
Lakpesdam NU Kabupaten Malang saat upgrading peningkatan tata kelola. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki).

Malang, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Kabupaten Malang menggelar Managerial Upgrading Quality Assurance Awaraness in Madrasah.

 

Kegiatan yang dilakukan bersama Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang itu dipusatkan di aula Madrasah Aliyah Shirothul Fuqaha’ Gondanglegi, Kabupaten Malang.

 

Ketua PC Lakpesdam NU Kabupaten Malang, H Abdul Malik Karim Amrullah mengatakan, bahwa pelatihan tersebut digelar untuk memfasilitasi kebutuhan bersama dalam pengelolaan lembaga pendidikan, utamanya dalam hal penjaminan mutu.

 

“Kami adakan pelatihan ini karena merupakan kebutuhan bersama dalam meningkatkan kualitas menejemen pendidikan di lingkungan madrasah,” ujarnya kepada NU Online Jatim, Ahad (15/08/2021).

 

Amka, sapaan akrabnya, menambahkan, dengan pelatihan itu diharapkan agar madrasah dapat menghasilkan mutu yang baik, sehingga nantinya akan menjadi madrasah percontohan di Malang.

 

“Kami berharap mutu di lembaga pendidikan terus meningkat, sehingga dapat menjadi salah satu madrasah rujukan bagi  lembaga lainnya,” imbuh pria yang juga Ketua LPM UIN Maliki Malang itu.

 

Sementara Kepala MA Shirotul Fuqaha’, Gus Syamsul Mu’ien mengatakan, bahwa kegiatan semacam ini penting dilakukan sebagai bekal awal bagi madrasah menjelang akan dilakukannya adreditasi.

 

“Semoga kegiatan semacam ini dapat bermanfaat terhadap madrasah. Tentu, hasil dari pelatihan ini bukan hanya berguna untuk madrasah saja, akan tetapi juga berguna untuk pesantren ini,” jelasnya.

 

Di samping itu, Muhammad In’an Esha selaku Pembina Madrasah menyampaikan, ada empat aspek yang harus dimiliki sebuah lembaga pendidikan, yakni sumber pemimpin, sumber ilmu, sumber akhlak, dan sumber ekonomi masyarakat.

 

“Nah, tentunya dalam mewujudkan hal tersebut maka perlu dilakukan pengelolaan sistem sebaik-baiknya oleh semua pihak,” pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Malang Raya Terbaru