• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Malang Raya

LAZIS Sabilillah Bantu Pembangunan Mushala Terdampak Longsor di Malang

LAZIS Sabilillah Bantu Pembangunan Mushala Terdampak Longsor di Malang
LAZIS Sabilillah saat menyerahkan bantuan pembangunan mushala terdampak bencana longsor di Malang. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)
LAZIS Sabilillah saat menyerahkan bantuan pembangunan mushala terdampak bencana longsor di Malang. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim
Bencana alam di Malang Raya yang terjadi beberapa waktu lalu belum benar-benar berakhir. Pasalnya, masih terdapat banyak rumah warga atau bangunan terdampak bencana alam yang belum mendapatkan penanganan. Salah satunya mushala di Kedungbanteng Atas, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.


Merespons hal tersebut, LAZIS Sabilillah bergerak cepat untuk membantu. Sekretaris LAZIS Sabilillah, Muhammad Sholeh menyampaikan, pihaknya berupaya memberikan suntikan dana awal untuk menangani hal tersebut.


"Kami ke sana tujuannya ingin membantu proses pembangunan mushala yang terdampak bencana longsor. Semoga dengan sedikit bantuan ini, dapat menolong proses pembangunan mushala tersebut," tuturnya saat dikonfirmasi NU Online Jatim, Sabtu (19/11/2022).


Sholeh mengungkapkan, bantuan tersebut ia salurkan melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) setempat. Disebutkan, pihaknya tengah berencana untuk membantu mengawal pembangunan mushala tersebut dengan cara menjadikannya sebagai program prioritas.


"Ini sebagai bentuk awal saja. Ke depan kami akan jadikan pembangunan ini sebagai fokus garapan, yang kemudian bisa membantu warga sekitar untuk melakukan shalat berjamaah kembali di mushala tersebut," terangnya.


Sementara Ketua LAZISNU Sumbermanjing Wetan, Mustain menyampaikan terima kasih atas amanah tersebut. Ia menceritakan, banjir dan tanah longsor yang terjadi kala itu mengakibatkan salah satu mushala di Kedungbanteng Atas hancur kerena terkena reruntuhan tanah yang longsor.


"Mushala yang biasanya menjadi tempat belajarnya Al-Quran khusus lansia kini sudah rusak dan tidak bisa ditempati lagi. Selain itu, satu kompleks pemakaman warga mengalami kerusakan," kata Mustain.


Ia menjelaskan, sampai saat ini mushala tersebut belum bisa dievakuasi, lantaran hujan deras yang mengguyur deras hampir setiap hari.


"Sudah ada alat berat yang turun. Namun, hujan deras jadi kendala. Akhirnya, pengerjaan berhenti lagi. Selain itu, kontur tanah lempung juga jadi hambatan dalam mengevakuasi mushala," tambahnya.


Sebagai informasi tim LAZIS Sabilillah Malang berkunjung ke Sumbermanjing Wetan, Senin (14/11/2022) lalu. Tim LAZIS Sabilillah Malang tiba di kantor MWCNU Sumbermanjing Wetan dan diterima secara langsung oleh Ketua LAZISNU Sumbermanjing Wetan, Mustain dan Bendahara Siti Nasihah.


Malang Raya Terbaru