• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 Februari 2024

Malang Raya

PBNU Amanatkan Gelar Tahlil Akbar 40 Hari Tragedi Kanjuruhan

PBNU Amanatkan Gelar Tahlil Akbar 40 Hari Tragedi Kanjuruhan
Rapat koordinasi secara hybrid PBNU dengan PCNU se-Malang Raya atas Tragedi Kanjuruhan. (Foto: NOJ/ Hilyatul Maknunah)
Rapat koordinasi secara hybrid PBNU dengan PCNU se-Malang Raya atas Tragedi Kanjuruhan. (Foto: NOJ/ Hilyatul Maknunah)

Malang, NU Online Jatim
Tim posko terpadu crisis center Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kota Malang menggelar rapat koordinasi bersama sejumlah jajaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Rapat yang digelar secara hybrid itu dilaksanakan di Kantor PCNU Kota Malang, Jalan KH Hasyim Asy'ari 21 Malang, Ahad (09/10/2022).


Dalam kesempatan itu, Sekretaris Jenderal PBNU, H Syaifullah Yusuf menyampaikan amanat Ketua Umum PBNU untuk mempersiapkan tahlil akbar 40 hari kepada korban tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada awal Oktober lalu.


"Tahlil akbar ini dapat dilaksanakan secara daring, luring, maupun hybrid sebagai wujud kepedulian kita berupa doa kepada seluruh korban," terangnya.


Gus Ipul, sapaan akrabnya, menyampaikan pesan PBNU agar PCNU Kota Malang bersama PCNU Kabupaten Malang memberikan bantuan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.


"Bantuan itu berupa santunan, pelayanan kesehatan dan psikologis yang harus didistribusikan secara merata dan menyeluruh," lanjutnya.


Sementara teknis pemberian santunan bagi korban yang luka ringan atau berat di wilayah Kabupaten Malang akan diberikan oleh PCNU Kabupaten Malang. Sedang bantuan bagi korban yang berdomisili di Kota Malang dan Kota Batu akan diserahkan oleh PCNU Kota Malang.


"Adapun untuk korban-korban dari wilayah lain akan diberikan oleh PCNU Kota Malang melalui PWNU Jawa Timur," lanjutnya.


Sedangkan bantuan untuk korban yang membutuhkan pendampingan trauma healing dapat langsung menuju posko crisis center yang ada di Kantor PCNU Kota Malang, tepatnya di Jalan KH Hasyim Asy'ari Nomor 21.


"Untuk korban di Kabupaten Malang, tim rencananya akan mendatangi rumah mereka, supaya kesehatan mental mereka segera bisa pulih," tegasnya.


Sementara Koordinator Bidang Data, Yusuf Azwar Anas melaporkan, jumlah korban meninggal yang sudah tervalidasi ada 130 orang. Rinciannya, dari Kabupaten Malang 70 orang, Kota Malang sebanyak 30 orang, dan daerah lain ada 30 orang.


Selain pematangan pendataan, rakor tersebut juga membahas persiapan tahlil akbar memperingati 40 hari tragedi Kanjuruhan. "Tahlil akan dilaksanakan di Kabupaten Malang dan Kota Malang," ungkapnya.


Diketahui, tim posko terpadu PBNU akan melakukan rapat lanjutan pada 14 Oktober mendatang di Kantor PCNU Kabupaten Malang untuk menindaklanjuti persiapan acara tersebut.


Malang Raya Terbaru