• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Malang Raya

PC Fatayat NU Malang Siap Sinergikan Program dengan Pemkot

PC Fatayat NU Malang Siap Sinergikan Program dengan Pemkot
Kegiatan audiensi PC Fatayat NU Kota Malang dengan Pemkot setempat, Jumat (29/01/2021). (Foto: NOJ/ Machan Jazuli).
Kegiatan audiensi PC Fatayat NU Kota Malang dengan Pemkot setempat, Jumat (29/01/2021). (Foto: NOJ/ Machan Jazuli).

Malang, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kota Malang melaksanakan audiensi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) setempat, Jumat (29/01/2021). Dalam kesempatan itu, PC Fatayat NU Kota Malang menyampaikan sejumlah program kerjanya yang diharapkan bisa disinergikan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot setempat.

 

"Kemarin kita audiensi dengan Bapak Wali terkait hasil konferensi. Ada beberapa  progam progam kemarin itu kita mengangkat  isu kesehatan, pendidikan ekonomi, dakwah dan pembinaan anggota bidang sosial budaya," kata Uswatun Khasanah, Ketua PC Fatayat NU Kota Malang, Sabtu (30/02/2021).

 

Ia mejelaskan, untuk bidang kesehatan Fatayat NU memiliki beberapa progam-progam yang langsung menyentuh para anggota. "Kita mempunyai lembaga Pugar (Pusat Informasi Reproduksi), lalu ada kesehatan, stunting, HIV/Aids dan Narkoba. Akan disinergikan dengan Dinas Kesehatan. Ada progam tandur yang akan dilaksanakan sampai tingkat ranting. Tujuannya untuk menopang ketahanan keluarga," kata Uswatun.

 

Menurutnya, selanjutnya PC Fatayat NU akan melaksanakan progam dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah. "Karena selama pandemi ini ada keterbatasan pengumpulan massa, sehingga kita akan mengadakan pelatihan-pelatihan sangat terbatas. Dalam rangka untuk pemberdayaan perempuan," tuturnya.

 

Sementara terkait program bidang pendidikan akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Diantaranya yang berkaitan dengan pembinaan Fatayat dalam hal seni budaya Islam. "Kita juga akan mengembangkan potensi anggota Fatayat melalui tilawah dan banjari," pungkasnya.

 

Senada hal itu, Walikota Malang, H Sutiaji menyambut baik apa yang akan dijalankan progam kerja Fatayat NU. Karena saat ini musim pandemi belum berakhir, perlu adanya sinergitas dengan organisasi masyarakat terutama Fatayat. "Fatayat NU harus menjadi salah satu garda terdepan dalam hal ini agar pandemi dapat segera berakhir,” ujarnya.

 

Bukan karena apa-apa, demi menjaga penyebaran wabah yang masih massif ini protokol kesehatan tidak hanya 3M. "Tidak hanya 3M tapi sudah harus 5M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi aktivitas,” pungkas orang nomor satu di Pemkot Malang ini.

 

 

Turut hadir kepala Disporapar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Sri Winarni dan Kepala Bagian Kesra R Achmad Mabrur. Sedangkan dari perwakilan PC Fatayat NU Kota Malang 4 orang.

 

Penulis: Madchan Jazuli

Editor: Romza


Editor:

Malang Raya Terbaru