• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 24 April 2024

Malang Raya

1 ABAD NU

PCNU Kota Malang Gelar Jalan Sehat Kreatif 1 Abad NU

PCNU Kota Malang Gelar Jalan Sehat Kreatif 1 Abad NU
PCNU Kota Malang gelar Jalan Sehat Kreatif 1 Abad NU di Jalan Ijen Boulevard, Kota Malang, Ahad (29/01/2023). (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)
PCNU Kota Malang gelar Jalan Sehat Kreatif 1 Abad NU di Jalan Ijen Boulevard, Kota Malang, Ahad (29/01/2023). (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim

Ribuan Nahdliyin dan masyarakat Kota Malang semarakkan Jalan Sehat Kreatif 1 Abad NU di Jalan Ijen Boulevard, Kota Malang, Ahad (29/01/2023). Kegiatan yang diselenggarakan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang itu dalam rangka semarak peringatan 1 Abad NU.


Ketua PCNU Kota Malang, KH Isroqunnajah mengatakan, kegiatan jalan sehat ini sejatinya adalah misi untuk mempertahankan kesehatan bersama. Menurutnya, kurang lebih 5.000 orang mengikuti kegiatan tersebut.


"Informasi yang kami terima dari panitia kegiatan ini dihadiri sekitar 5.000 orang baik dari struktural maupun masyarakat NU Kota Malang,” ujarnya.


Ia menjelaskan, usia satu abad sejatinya bukan persoalan angka. Namun, satu abad adalah persoalan tantangan bagaimana ke depan mampu merawat jagat. Disebutkan, semua mengetahui bahwa NU adalah satu dari berbagai elemen bangsa yang senantiasa menjaga keutuhan NKRI.


“Ini menjadi komitmen NU ke depan. Kalau Sriwijaya bertahan dengan 7 abad, maka NU punya komitmen merawat jagat dan membangun peradaban sampai berabad-abad," jelas Gus Is, sapaan akrabnya.


Pantauan NU Online Jatim, kegiatan ini turut dimeriahkan oleh beberapa penampilan lembaga, badan otonom NU, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kota Malang, dan lainnya. Selain itu, dalam kegiatan ini juga turut disemarakkan dengan pembagian 1.100 bunga, air mineral dan foto para pejuang dan pendiri NU oleh Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI/Polri (GM FKPPI) Malang.


Wakil Ketua Umum (Waketum) GM FKPPI, R Agoes Soerjanto yang hadir dalam kesempatan ini menyampaikan, pembagian bunga mawar dengan warna putih dan merah memiliki simbol khusus di peringatan 1 Abad NU.


"Yakni, kami ingin kembali mengingatkan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kota Malang, bahwa NU ini adalah Indonesia. Apa yang kita lakukan hari ini mengingatkan kembali bahwa NU adalah Indonesia," tuturnya.


Dirinya pun mengapresiasi akan kehebatan NU bagi Indonesia selama ini. Para pendiri NU dan pejuang NU, lanjutnya, sejak dahulu terus menyebarkan ajaran Islam sembari memperjuangkan bangsa Indonesia.


"Hal ini lah yang ingin GM FKPPI sebarkan ke masyarakat, betapa pentingnya NU bagi bangsa Indonesia itu sendiri. NU ini pejuang dan terus membumikan Indonesia. Mereka syiarkan Islam, tapi juga berbicara tentang Nusantara, persatuan dan terus ada untuk Indonesia," tandasnya.


Diketahui, kegiatan ini turut dihadiri Rais PCNU Kota Malang KH Chamzawi, Wali Kota Malang sekaligus Mustasyar PCNU Kota Malang H Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Malang H Abdul Haris, dan lainnya.


Malang Raya Terbaru